Palu (ANTARA) - Juru Bicara Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) COVID-19 Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Adiman menyatakan kasus kumulatif warga yang terpapar COVID-19 saat ini mencapai 47.227 kasus setelah ada penambahan 22 orang pada Jumat.

"Hari ini 22 orang di Kabupaten Morowali terkonfirmasi positif terpapar COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan sampel usap (swab) sehingga secara kumulatif 47.227 orang telah terinfeksi COVID-19 hingga hari ini," kata Adiman di Kota Palu, Jumat malam.

Sementara itu empat pasien yang terpapar COVID-19 masing-masing tiga orang di Sigi dan satu orang di Banggai Laut dinyatakan sembuh hari ini sehingga secara kumulatif sudah 45.565 pasien COVID-19 dinyatakan telah sembuh.

Kemudian satu pasien COVID-19 di Poso dinyatakan meninggal dunia hari ini sehingga total pasien COVID-19 yang dinyatakan meninggal dunia sampai saat ini iberjumlah 1.604 orang.

Baca juga: Daerah dengan nol kasus COVID-19 di Sulteng berkurang jadi empat

Baca juga: Kasus terpapar COVID-19 di Sulteng bertambah 11 jadi 47.174 orang


"Adapun 58 pasien COVID-19 hingga kini masih menjalani karantina secara mandiri maupun di pusat pelayanan kesehatan milik pemerintah daerah setempat," ujarnya.

Adiman meminta masyarakat mendukung tim pengawas dinas kesehatan kabupaten dan kota di Sulteng yang melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif COVID-19.

Selain itu, warga diimbau menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan dan penyebaran COVID-19 secara ketat.

"Pencegahan yakni dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar rumah. Langkah tersebut sangat penting dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan COVID-19 di Sulteng," ujarnya.*

Baca juga: Gubernur Sulteng minta bupati/wali kota kurangi mobilitas masyarakat

Baca juga: Daerah nihil kasus COVID-19 di Sulteng bertambah jadi empat


Pewarta: Muhammad Arshandi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021