Banda Aceh (ANTARA) - Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh meluluskan sebanyak 1.882 wisudawan pada semester genap Tahun Akademik 2020/2021 yang berlangsung secara daring dan luring.

“Hari ini anda akan resmi meninggalkan kampus dan akan menuju dunia nyata di mana anda akan diuji oleh zaman, dan kreativitas, kegigihan, keuletan, serta kejujuran Anda sangat dibutuhkan,” kata Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Warul Walidin di Aceh Besar, Rabu.

Pernyataan itu disampaikan di dalam rapat senat terbuka wisuda doktor, magister, sarjana Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021.

Ia menjelaskan lulusan UIN Ar-Raniry harus menjadi sarjana plus yang memiliki pikiran cerdas, fleksibel, kooperatif, dan mampu bekerja secara profesional sehingga memiliki kecakapan untuk mengisi pos-pos industri ataupun menciptakan lapangan kerja sendiri melalui cara critical thinking dan creative problem solving.

Baca juga: Kemenag tunjuk UIN Ar-Raniry tuan rumah OASE PTKI ke-1

Baca juga: UIN Ar-Raniry Aceh gelar konferensi internasional tentang Islam


“Anda disiapkan untuk mampu melihat permasalahan secara kritis dari berbagai perspektif sehingga dapat menghasilkan solusi yang kreatif,” katanya.

Ia mengatakan lulusan UIN Ar Raniry juga harus mumpuni di aspek non akademik, sehingga mampu menjawab berbagai kebutuhan masyarakat dan dunia kerja.

Prosesi wisuda yang berlangsung selama 2 hari, pada tanggal 27-28 Oktober 2021 turut dirangkai dengan orasi ilmiah dalam rangka Milad UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang ke 58 dengan menghadirkan Irdam IM Brigjen TNI Niko Fahrizal MTr (Han) dan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Prof Muhammad Ali Ramdhani.

Rektor UIN Ar-Raniry menambahkan pelaksanaan wisuda kali ini berbeda dengan wisuda sebelumnya karena kondisi pandemi covid-19 yang belum berakhir.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Dr H Gunawan MA PhD dalam laporannya menyebutkan lulusan yang diwisuda tersebut terdiri dari 48 orang program doktor, 132 orang Magister dan 1.711 orang program sarjana.

Menurut Gunawan, dengan bertambahnya 48 orang doktor, 132 orang Magister dan 1.711 orang lulusan program sarjana strata satu (S1), maka jumlah alumni UIN Ar-Raniry sampai saat ini berjumlah 46.892 orang.*

Baca juga: Guru Besar UIN Ar-Raniry: Maksimalkan butir-butir MoU perdamaian Aceh

 

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021