Dari 13 kabupaten dan kota, 5 daerah di antaranya belum ada temuan kasus baru selama Oktober ini
Manokwari (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Papua Barat
melaporkan 31 pasien sembuh dari COVID-19 pada Rabu yang berasal dari Kabupaten Teluk Bintuni 30 orang dan Kota Sorong 1 orang.

Juru bicara Satgas COVID-19 Papua Barat dokter Arnold Tiniap di Manokwari, Rabu, mengatakan dengan jumlah kesembuhan ini, kasus aktif di Kabupaten Teluk Bintuni tersisa 77 orang dan Kota Sorong tersisa 4 orang.

Dia juga mengatakan tambahan 4 kasus positif hari ini berasal dari Kaimana 2 orang, Manokwari 1, dan Kota Sorong 1 orang. Sementara kasus meninggal dunia akibat COVID-19 juga bertambah 1 dari Sorong Selatan.

Baca juga: 16 pasien di Papua Barat sembuh dari COVID-19

"Hari ini di Papua Barat bertambah satu kasus meninggal dunia akibat COVID-19 dari Sorong Selatan. Sehingga total kasus meninggal dunia akibat COVID-19 di provinsi ini mencapai 354 orang sejak awal pandemi hingga kini," ujar dokter Arnold Tiniap.

Ia mengakui bahwa ada lima daerah di Provinsi Papua Barat nihil kasus aktif COVID-19, yaitu Kabupaten Fakfak, Teluk Wondama, Raja Ampat, Maybrat dan Pegunungan Arfak.

Baca juga: TNI AL gencarkan vaksinasi masyarakat maritim di Kabupaten Sorong

Baca juga: Papua Barat optimistis nol kasus COVID-19 pada akhir tahun 2021


"Dari 13 kabupaten dan kota, 5 daerah di antaranya belum ada temuan kasus baru selama Oktober ini," ujar Arnold Tiniap.

Sementara Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan pada sebuah kesempatan di Manokwari, mengatakan bahwa provinsi ini ditargetkan bebas kasus positif corona di akhir tahun 2021.

"Melihat tren kesembuhan pasien COVID-19 bersama temuan kasus yang melandai di 13 kabupaten/kota, maka kami yakin Papua Barat bisa capai nol kasus di akhir tahun 2021 ini," ujar Dominggus Mandacan.

Baca juga: Dampak PPKM, pasien COVID-19 di Manokwari tersisa 9 orang

Baca juga: Satgas Sorong: Masih ada 13 pasien COVID-19 di isolasi terapung

Pewarta: Hans Arnold Kapisa
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021