London (ANTARA News) - Facebook mendapat suntikan modal senilai 500 juta dolar dari Goldman Sachs dan perusahaan investasi Rusia Digital Sky Technologies, dalam kesepakatan yang menilai perusahaan jejaring sosial nomor satu di dunia itu pada angka 50 miliar dolar.

Kabar itu dilaporkan oleh Reuters, berdasarkan keterangan seseorang yang dekat dengan isu itu.

Menurut sumber, kedua perusahaan itu berencana untuk meningkatkan dana tambahan bagi Facebook senilai 1 miliar dolar.

Investasi memberi Facebook penilaian lebih dibanding raksasa Internet yang telah mapan seperti Yahoo Inc dan eBay Inc. Juga menimbulkan pertanyaan tentang kapan bisa melakukan penawaran umum saham perdana.

Facebook dan Goldman Sachs menolak berkomentar mengenai kesepakatan itu. Digital Sky Technologies tidak bisa dimintai komentar juga.

Berita mengenai penanaman modal itu pertama kali dilaporkan oleh New york Times. Kabar itu tersiar kira-kira satu setengah tahun lalu setelah modal Facebook bertambah 200 juta dolar dari DST, pada nilai 10 miliar dolar.

Goldman berencana menciptakan kendaraan khusus untuk membiarkan klien-klien dengan kekayaan bersih tinggi berinvestasi di Facebook, tulis surat kabar itu.

Goldman berhak menjual bagian saham mereka, sampai 75 juta dolar, kepada Digital Sky Technologies, tulis New York Times.

Anggota dewan Facebook Peter Thiel mengatakan kepada Reuters pada bulan September bahwa Facebook kemungkinan tidak akan menawarkan saham ke publik hingga akhir 2012.

(ENY/S026)

Penerjemah:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011