Terutama di wilayah Pantai Timur, Pegunungan dan Lereng Timur
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat agar waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan badai petir di sebagian wilayah Sumatera Utara pada Kamis.

"Terutama di wilayah Pantai Timur, Pegunungan dan Lereng Timur," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Lestari Irene Purba di Medan, Kamis.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara, siang hari berawan hingga hujan sedang berpotensi terjadi di wilayah Kepulauan Nias, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Padang Lawas.

Baca juga: 40 gempa terjadi di Aceh dan Sumut selama pekan keempat Agustus 2021

Kondisi yang sama juga berpotensi terjadi di Padang Lawas Utara, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Pakpak Bharat, Dairi, Samosir, Karo, Toba, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Simalungun, Asahan dan sekitarnya.

Sore-malam hari berpotensi hujan sedang hingga hujan lebat terjadi di sebagian besar Wilayah Sumatera Utara.

Baca juga: Pekan ketiga Agustus terjadi 39 gempa di Aceh dan Sumut

Dini hari berawan hingga hujan ringan berpotensi terjadi di Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Sergai, Asahan, Batubara, Simalungun, Karo, Labuhanbatu dan Sekitarnya.

Suhu udara 24.0-33.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60-97 persen, angin berhembus dari Tenggara-Barat dengan kecepatan 10-30 km per jam.

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini hujan lebat di pegunungan Sumut

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021