Jakarta (ANTARA) - Kapolres Metro Jakarta Barat Komisaris Besar Polisi Ady Wibowo mengatakan sebanyak 29.200 warga mengikuti program "Vaksin Merdeka" yang baru berjalan dua hari.

Baca juga: Anies: Pemprov DKI sulit terima alasan kalau warga belum dapat vaksin

Menurut Ady, warga cukup antusias mengikuti vaksinasi massal tersebut karena jumlah peserta yang daftar bertambah pada hari pertama dan kedua.

"Vaksinasi Merdeka pada hari pertama tanggal 1 capaian kita 11.500 orang dalam satu hari di delapan kecamatan," kata Ady di Jakarta, Selasa.

Selanjutnya, jumlah warga yang mengikuti Vaksinasi Merdeka pada hari kedua menembus 17.700 orang.

Ady menilai naiknya jumlah tersebut merupakan bukti bahwa warga antusias dengan program yang diluncurkan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo itu.

Meskipun pencapaian jumlah warga yang menerima vaksin sudah tinggi, namun Ady mengaku akan tetap memaksimalkan program vaksinasi tersebut agar seluruh warga Jakarta Barat sudah tervaksin hingga 17 Agustus nanti.

"Dengan vaksinasi merdeka yang berada di RW- RW yang sebaran vaksinasinya rendah itu kita bisa sisir," tutur Ady.

Baca juga: Anies sebut tersedia 900 gerai Vaksinasi Merdeka jangkau masyarakat

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menyebutkan sebanyak 209 rukun warga (RW) di Jakarta Barat jadi perhatian untuk mengikuti gerakan Vaksin Merdeka karena menunjukkan tingkat pencapaian yang rendah.

Untuk mengatasi pencapaian vaksinasi yang rendah pada 209 RW di Jakarta Barat itu, Fadil menempatkan 209 gerai vaksin agar masyarakat tergerak mengikuti vaksin untuk membentuk kekebalan kelompok (herd immunity).

"Artinya ada 209 titik kami laksanakan vaksin. kami harap semangat kemerdekaan jadi momentum kita untuk gerak bersama-sama," kata Fadil saat ditemui di lokasi gerai "Vaksinasi Merdeka" Yayasan Tarbiyah Islamiah Al-alawiyah, Kembangan, Jakarta Barat, Rabu

Fadil pun sempat memantau gerai vaksinasi yang dikunjungi dan mengaku senang lantaran banyak warga yang datang untuk mengikuti program tersebut.

"Contohnya di RW 06 ada 960 belum divaksin dan sudah mendaftar, di satunya ada 790 kalau ditambah ada 1.600 lebih," ujar Fadil

Dengan adanya program ini, Fadil berharap seluruh warga DKI Jakarta sudah divaksinasi hingga 17 Agustus mendatang.

Baca juga: Polda Metro Jaya terima bantuan logistik untuk Vaksinasi Merdeka

Pewarta: Walda Marison
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021