Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memerintahkan kader partai terus memperkuat gerak kemanusiaan melalui Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP di tengah pandemi COVID-19.

Sekjen PDIP Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam siaran persnya, di Jakarta, Selasa, mengatakan penguatan gerak kemanusiaan dengan menambah kendaraan serbaguna berupa ambulans, mobil jenazah, hingga kendaraan roda tiga pengangkut.

Peluncuran kendaraan itu dilakukan secara virtual dihadiri oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto, di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Megawati ajak kader PDIP renungkan Tragedi Kudatuli

Hadir seluruh jajaran DPP PDIP, antara lain, Olly Dondokambey, Rudianto Tjen, Puan Maharani, Utut Adianto, Komaruddin Watubun, Prananda Prabowo, Ahmad Basarah, Mindo Sianipar, Wiryanti Sukamdani, Nusyirwan Sudjono, Made Urip, Bambang Wuryanto, Rokhmin Dahuri, Sri Rahayu, Said Abdullah, dan Ribka Tjiptaning.

Di kantor partai, hadir secara fisik adalah Eriko Sotarduga, Sadarestuwati, dan Djarot Saiful Hidayat. Kader dan pengurus daerah PDIP dari seluruh Indonesia turut mengikuti acara secara daring.

Kendaraan yang diluncurkan itu terdiri atas satu unit ambulans jenis Hiace, 1 unit mobil jenazah jenis Hiace, 7 unit ambulans Granmax, 2 unit mobil jenazah Granmax, dan 1 unit ambulans sepeda motor roda tiga.

"Mobil ambulans dan mobil jenazah menjadi bagian gerak kemanusiaan kita, kita tambah kekuatannya sehingga gerak PDI Perjuangan semakin bermakna dan menyentuh rakyat," kata Hasto Kristiyanto saat peluncuran.

Baca juga: Hasto ingin mewarisi semangat Bung Karno dalam usianya ke-55 tahun

"Ini sangat penting apalagi di tengah pandemi COVID-19 ini. Kami berkomitmen terus berada di jalan kemanusiaan lewat kendaraan serbaguna ini," tambahnya.

Selain itu, ada 2 unit sepeda motor roda tiga pengangkut sampah, 1 unit sepeda motor roda tiga tangki air, 1 unit sepeda motor roda tiga boks, dan 5 unit sepeda motor listrik.

"Kami berkomitmen dengan lingkungan lewat kendaraan pengangkut sampah dan angkut air, sebagai komitmen kita terus bergerak menjaga sungai dan seluruh kehidupan agar tetap asri dengan gerak menanam pohon," kata Hasto.

Sebuah video ditampilkan untuk menunjukkan sejumlah detail mengenai kendaraan serbaguna tersebut. Seluruh kendaraan terlihat diparkirkan dengan rapi di halaman kantor DPP PDIP.

Menurut Hasto, pada 4 Agustus 2021 akan dilakukan pelatihan kader partai untuk sadar bencana.

Baca juga: Megawati berduka cita atas wafatnya Rachmawati

"Mengingat kita tinggal di ring of fire, kita kenal bencana basah dan kering, bencana akibat lingkungan, dan kebakaran hutan, juga global warming yang disebabkan ketidakpastian cuaca yang berdampak pada gagal panen," kata Hasto.

Dengan kesulitan yang dialami rakyat saat ini, tambah Hasto, maka seluruh komitmen kerakyatan harus terus dilakukan dengan turun ke bawah.

"Membantu rakyat dengan seluruh pikiran dan tenaga kita, seperti lewat dapur umum harus dilakukan sebaiknya," ucapnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021