Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat menyiapkan bantuan sosial berupa paket sembilan bahan pokok bagi warga terpapar COVID-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat Ngapuli mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 di tingkat kelurahan dan kecamatan untuk membantu pasien COVID-19 tanpa gejala (OTG) yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Kami menyiapkan bantuan sosial berupa paket sembako untuk pemenuhan kebutuhan hidup pasien COVID-19 tanpa gejala selama menjalani isolasi mandiri di rumah," kata Ngapuli saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Ngapuli menjelaskan mekanisme untuk mendapatkan bantuan sosial, yakni warga cukup melaporkan ke ketua RT setempat untuk kemudian dilanjutkan ke RW dan kelurahan, dengan menyertakan foto hasil tes usap "PCR" yang menyatakan bahwa positif terpapar COVID-19.

Lurah atau Satgas COVID-19 akan melaporkan ke Kantor Dinas Sosial DKI Jakarta yang ditembuskan ke Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat.

Paket sembako akan didistribusikan ke warga sesuai tempat isolasi mandiri. Petugas juga akan mengambil foto bukti penyaluran sembako tersebut kepada pasien, sehingga diharapkan dapat tepat sasaran.

"Paket sembako diterima oleh orang yang berhak, dibuktikan dengan foto pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah bahwa mereka sudah menerimanya. Jadi, proses pendistribusian bansos cepat dan tepat sasaran," tutud Ngapuli.

Baca juga: Anies harap tak tambah lokasi isolasi mandiri lagi
Baca juga: Warga Cilandak siapkan rumahnya jadi tempat isolasi mandiri
Baca juga: Buperta Cibubur diusulkan jadi tempat isolasi pasien COVID-19

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021