Tiga ribu kamar di asrama haji siap digunakan untuk ruang isolasi

id Asrama haji,ruang isolasi COVID-19,Wamenag,vaksin covid,vaksin corona,vaksin covid-19,vaksinasi

Tiga ribu kamar di asrama haji siap digunakan untuk ruang isolasi

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi (batik merah) saat meninjau Asrama Haji Pondok Gede yang akan digunakan sebagai tempat isolasi pasien COVID-19, Kamis (24/6/2021). (ANTARA/HO-Kemenag)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi menyatakan sebanyak 3.308 kamar dari 26 asrama haji di seluruh Indonesia siap digunakan sebagai ruang isolasi pasien COVID-19 menyusul melonjaknya angka penularan virus berbahaya tersebut.

"Ada sebanyak 3.308 kamar yang siap digunakan untuk pasien COVID-19. Kira-kira dapat menampung sebanyak 10 ribuan orang," ujar Zainut dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Kesediaan kamar untuk isolasi pasien COVID-19 itu setelah Wamenag beserta jajarannya di Kementerian Agama melakukan peninjauan ke Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Baca juga: Wamenag minta pesantren perketat protokol kesehatan usai libur Lebaran

Khusus untuk Asrama Haji Pondok Gede, ada tiga gedung yang telah disiapkan dan bisa menampung 556 pasien COVID-19. Gedung A sebanyak 44 kamar dapat menampung 172 orang, Gedung B sebanyak 36 kamar yang dapat menampung 144 orang, dan Gedung C sebanyak 36 kamar dapat menampung 240 orang.

Menurutnya, Kemenag hanya mampu menyiapkan kamar isolasi, sementara tim pendukung seperti tenaga medis, obat-obatan, dan makanan harus berkoordinasi dengan Gugus Tugas COVID-19, BNPB, Kodam, dan Dinas Kesehatan setempat.

"Sementara tenaga medis, obat-obatan, tenaga pengamanan dan konsumsi diserahkan kepada Pemda dan Dinas Kesehatan masing-masing," kata dia.

Sementara itu, Sesditjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Ramadhan Harisman mengatakan pihaknya akan mengundang Satgas COVID-19, BNPB, Kodam, dan Dinas Kesehatan untuk mengkoordinasikan layanan ruang isolasi di asrama haji.

"Penanganan pasien COVID-19 menjadi kewenangan Dinas Kesehatan. Sementara, untuk konsumsi, tenaga medis, obat-obatan, dan tenaga pengamanan, menjadi kewenangan dinas setempat yang terkait," katanya.

Direktur RS Haji Jakarta Mahesa Paranadipa menambahkan bahwa saat ini ada 44 pasien COVID-19 yang sedang dirawat di Asrama Haji Pondok Gede.

"Saat ini Gedung Arafah yang digunakan, sudah dimanfaatkan untuk Pasien COVID-19. Gedung Arafah ini terdiri dari empat lantai, setiap kamar dapat diisi oleh dua orang," katanya.

Baca juga: Asrama haji siap digunakan untuk pasien COVID-19
Baca juga: Dasco sarankan asrama haji jadi tempat perawatan pasien COVID-19

Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar