Pengamat: Kader dorong Puan Maharani maju kontestasi Pilpres 2024

id Puan Maharani,PDI Perjuangan,DPR,Pilpres,Pemilu 2024

Pengamat: Kader dorong Puan Maharani maju kontestasi Pilpres 2024

Ketua DPR, Puan Maharani. ANTARA/DPR

Jakarta (ANTARA) - Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno, mengatakan, kader dan simpatisan dari berbagai daerah, mulai mendukung Puan Maharani maju kontestasi Pemilu 2024 mendatang

"Itu pertanda mulai muncul dukungan di daerah-daerah agar Puan maju 2024. Apalagi pada saat bersamaan Puan mulai rajin safari politik ke berbagai daerah," kata dia, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Ia merespon terkait mulai maraknya baliho bertebaran di sejumlah daerah, berisi gambar Ketua DPR, Puan Maharani, dan pesan dukungan politik.

Menurut Prayitno, pesan dari media itu menjadi penegasan bahwa Puan mendapatkan sokongan moril dari masyarakat. Sambutan masyarakat menjadi jawaban positif atas aktivitas Puan yang sering turun ke daerah.

Baca juga: Pengamat: Baliho Puan Maharani pertanda menuju Pilpres 2024

"Bak gayung bersambut, dukungan mulai muncul dan mulai mulai roadshow," ujarnya.

Sementara itu, Pengamat Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing, mengatakan, baliho yang dipublikasikan sejumlah masyarakat mampu meningkatkan kesadaran atau popularitas yang positif bagi Puan.

"Dengan popularitas yang positif ini, tentu titik awal mendorong kesukaan publik kepada Puan, kemudian dapat mendongkrak elektabilitas," jelas Emrus.

Dia menegaskan yang perlu diintensifkan dandikomunikasikan kepada publik keberhasilan Puan saat menjadi anggota DPR, ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR, menteri koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan ketua DPR.

Baca juga: Duet Prabowo-Puan paling mungkin diwujudkan di Pilpres 2024

"Selain itu, saya yakini Puan akan lebih intensif berkomunikasi langsung dengan seluruh rakyat dalam memperbincangkan permasalahan-permasalahan yang nyata. Itu terutama penanganan Covid-19 dan peningkatan ekonomi rakyat," jelas Sihombing.

Sejumlah dukungan terhadap Puan juga diberikan jajaran internal PDI Perjuangan diantaranya DPC PDI Perjuangan Kebumen yang secara resmi mengusulkan Puan Maharani menjadi calon presiden pada Pemilu 2024.

"DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kebumen didukung oleh seluruh komponen PAC badan sayap, mengusulkan agar capres 2024 adalah Mbak Puan Maharani," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kebumen, Saiful Hadi.

Baca juga: Pengamat sebut PDI Perjuangan calonkan Puan Maharani Pilpres 2024

Selain itu, DPC PDI Perjuangan Purbalingga secara resmi mendukung Ketua DPP PDIP Puan Marahani sebagai capres pada Pilpres 2024.

Demikian pula hasil Rakercab DPC PDI Perjuangan Kabupaten Purbalingga yang mengusung uan Maharani sebagai capres di Pilpres 2024. "Itu sikap bulat kami," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Purbalingga, Bambang Irawan.

Diketahui, sejumlah baliho bergambar Puan mulai bermunculan sudah sejalan dengan pernyataan elite PDIP yang berniat mengusung sebagai kandidat di pilpres 2024.

Baliho yang terpasang berukuran besar bergambar dua foto Puan Maharani berbaju merah mengepalkan tangan kanan diiringi tulisan "barang siapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam".

Pewarta : Fauzi
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar