Ditjenpas dorong Pemda dan Pokmas aktif dukung pembinaan warga binaan

id Warga binaan,ditjen pas,pemasyarakatan

Ditjenpas dorong Pemda dan Pokmas aktif dukung pembinaan warga binaan

Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard Silitonga. (ANTARA/Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mendorong pemerintah daerah (Pemda) dan pengembangan kelompok masyarakat (Pokmas) agar aktif mendukung pembinaan warga binaan.

"Jangan lupakan bahwa warga binaan juga bagian dari masyarakat itu sendiri," kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard Silitonga melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pemerintah daerah harus turut serta memastikan terlaksananya pembinaan dalam upaya pemulihan kesatuan hubungan hidup para warga binaan.

Dalam hal ini masyarakat merupakan salah satu elemen penting pendukung keberhasilan pembinaan yang dilakukan institusi pemasyarakatan untuk mencapai tujuannya yaitu reintegrasi sosial bagi warga binaan setelah kembali ke masyarakat.

Menurutnya, peran Pemda dalam mendukung keberlangsungan dan keberhasilan Pokmas peduli pemasyarakatan (Lipas) yang diinisiasi oleh Balai Pemasyarakatan (Bapas) di tiap wilayah dibutuhkan sebagai bagian dari jejaring sinergitas dengan masyarakat.

Tujuannya ialah memaksimalkan pembinaan serta pemberdayaan tahanan dan warga binaan pemasyarakatan sebagai prioritas penerapan keadilan restoratif dan mewujudkan reintegrasi sosial yang sehat di masyarakat.

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan sebagai institusi yang menginisiasi pembentukan Pokmas Lipas memiliki tanggung jawab memastikan dan mengkondisikan agar menjalankan peran dan tanggung jawab secara maksimal bersama dengan pemerintah daerah.

"Tanggung jawab dan kewajiban terhadap warganya yang pernah tersesat dan melakukan pelanggaran hukum," ujar Reynhard.

Senada dengan itu, Direktur Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak Ditjenpas, Liberti Sitinjak mengatakan tujuan diadakannya rapat kerja pengembangan Pokmas Lipas untuk meningkatkan pemberdayaan dalam penyelenggaraan pemasyarakatan serta mendukung pelaksanaan keadilan restoratif.

"Ini juga bertujuan meningkatkan dukungan pemangku kepentingan dari institusi pemerintah khususnya pemerintah daerah terhadap pemberdayaan Pokmas Lipas," katanya.

Baca juga: Rutan-Lapas Salemba beri remisi untuk 28 warga binaan di Hari Waisak
Baca juga: 515 warga binaan di LP Bukittinggi terima remisi Idul Fitri

Pewarta : Muhammad Zulfikar
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar