Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Sosial RI melalui lima Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Rehabilitasi Sosial di Jakarta dan Bekasi memfasilitasi penjemputan penyandang disabilitas mental Panti Sosial Bina Karya (PSBK) Harapan Jaya untuk vaksinasi COVID-19 di Istora Senayan.

“Kami mengantarkan dan menjemput 43 PDM didampingi 19 pendamping dari PSBK Harapan Jaya untuk vaksinasi dengan lima unit bus,” ujar Koordinator Kegiatan Direktorat Penyandang Disabilitas Kemensos Imam dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Minggu.

Kemensos mengerahkan sepuluh tenaga pendamping untuk kegiatan tersebut, terdiri dari tenaga Perawat dan Pekerja Sosial dari Balai Rehabilitasi Sosial (Rehsos).

Baca juga: Penyaluran bansos ke Suku Anak Dalam perlu waktu padankan dengan NIK

Salah seorang pendamping PSBK Harapan Jaya, Reni, bersyukur atas layanan tersebut, sehingga pemberian vaksinasi untuk kaum rentan tersebut dapat terlaksana dengan optimal.

"Terima kasih pada Kemensos membantu mengantarkan penerima manfaat mengikuti vaksinasi COVID-19, dan ini untuk kedua kalinya,” kata Reni.

Pemberian vaksin COVID-19 terhadap penyandang disabilitas sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo terhadap kelompok disabilitas agar tidak tertinggal dari jangkauan pemerintah.

Selain itu, penyandang disabilitas mempunyai hak yang setara dengan warga negara lainnya, termasuk hak mendapatkan vaksinasi COVID-19.

Layanan penjemputan dan pengantaran bagian dari upaya Kemensos memberikan kemudahan fasilitas bagi penyandang disabilitas mental untuk menjangkau lokasi vaksinasi COVID-19.

Baca juga: Kemensos gandeng perguruan tinggi untuk padankan data penerima bansos
Penyandang disabilitas mental mengikuti vaksinasi COVID-19 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (9/5/2021). (ANTARA/HO-Kemensos RI)

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021