Uhamka selenggarakan Gebyar Ramadhan yang diikuti peserta luar negeri

id Gebyar Ramadhan,Ramadhan,Uhamka,Gebyar Ramadhan Uhamka

Uhamka selenggarakan Gebyar Ramadhan yang diikuti peserta luar negeri

Pembukaan Gebyar Ramadhan Uhamka di Jakarta. ANTARA/dokumen.

Jakarta (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka (Uhamka)  Jakarta mengadakan kegiatan Gebyar Ramadhan secara daring yang diikuti sejumlah peserta dari luar negeri.

“Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang biasa dilakukan Uhamka pada setiap Ramadhan. Akan tetapi pada masa pandemi ini berbeda, karena diselenggarakan secara daring dan pesertanya dari tingkat sekolah hingga universitas baik di dalam negeri maupun dari luar negeri diantaranya dari Malaysia,” ujar Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LPP AIK) Uhamka, Dwi Fajri, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Ahad.

Kegiatan Gebyar Ramadhan itu terdiri dari 13 bidang perlombaan diantaranya Hifdzil Qur’an, Adzan, Ceramah, Risalah Buya HAMKA, Mendongeng, Marawis, Meme Kreatif, Video Dokumenter, Tartil Qur’an, Karya Tulis Ilmiah, Nasyid, MTQ, Lagu dan Islami Solo.

“Alhamdulillah, Uhamka sebagai lembaga dakwah di bidang pendidikan melalui LPP AIK Uhamka ini akan terselenggara Gebyar Ramadhan yang dimeriahkan dengan 13 (tiga belas) mata lomba. Pada tahun ini, peserta kegiatan ini mencapai lebih dari 900 peserta lebih banyak dibandingkan dari kegiatan tahun lalu dan tahun inipun pesertanya ada dari Luar Negeri yaitu negri Malaysia. Kegiatan ini secara tidak langsung sudah masuk kategori perlombaan Internasional. Semoga saja dengan kegiatan ini, menjadikan gerakan dakwah Muhammadiyah melalui kampus Uhamka dalam kegiatan Gebyar Ramadhan,” jelas dia.

Baca juga: PCIM Malaysia - UHAMKA peringati Nuzulul Qur'an via zoom
Baca juga: Universitas Telkom dan Uhamka juarai Kontes Robot Indonesia

Seorang peserta dari Universiti Sains Islam Malaysia, Marwan Rosli, mengatakan dirinya tertarik ikut serta dalam kegiatan itu untuk meningkatkan silaturahmi kedua negara dan mengenal lebih dekat mengenai Uhamka.

Rektor Uhamka, Gunawan Suryoputro, menambahkan Uhamka sebagai Perguruan Tinggi milik Muhammadiyah untuk terus berdakwah melalui pendidikan.

"Kegiatan Gebyar Ramadhan ini merupakan bagian dari kontribusi nyata bagi kemajuan budaya yang tak terpisahkan dari visi Uhamka pada 2024 yaitu menjadi “Propethic Teaching University” yang mencerdaskan secara spiritual, intelektual, emosional, dan sosial. Jadi, Uhamka memiliki visi yang mulia yaitu universitas yang mengembangkan pembelajaran berbasis profetik,” jelas Gunawan.

Gunawan menambahkan kegiatan Gebyar Ramadhan itu merupakan upaya menyemarakkan Ramadhan, juga merupakan penegasan tentang harmoni Islam dan kebudayaan, yang mana Islam memberikan ruang cipta rasa dan karsa.
Baca juga: Uhamka kerja sama pendidikan dengan tiga universitas di Uzbekistan


Pewarta : Indriani
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar