Jakarta (ANTARA) - Maskapai Wings Air, anggota dari Lion Air Group membuka rute baru penerbangan dari Banjarmasin melalui Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor di Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan tujuan Sampit melalui Bandar Udara H Asan di Kotawaringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah.

Corporate Communication Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan penerbangan perdana Wings Air nomor IW-1470 lepas landas dari Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor pukul 16.00 WITA dan jadwal kedatangan di Bandar Udara H. Asan pada 15.40 WIB.

Baca juga: Wings Air akan layani kembali penerbangan Surabaya - Jember

Rute kembali, Wings Air masih melayani di hari yang sama. Wings Air penerbangan IW-1471 berangkat dari Bandar Udara H. Asan pada 16.00 WIB dan waktu tiba pukul 17.40 WITA di Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor.

Pada tahap awal, Wings Air melayani dengan frekuensi terbang tiga kali dalam seminggu, yaitu setiap Rabu, Jumat dan Minggu.

Baca juga: Wings Air buka dua rute penerbangan baru di NTT

“Kami optimistis ketersediaan penerbangan dengan jadwal yang tepat dinilai mampu membantu dan berkontribusi positif dalam perkembangan daerah sejalan program pemerintah. Konektivitas intra-Kalimantan semakin terbuka sebagai salah satu pusat ekonomi baru yang mempunyai sentra kerajinan, industri kreatif dan pertumbuhan sektor lainnya,” katanya.

Danang berharap dari pembukaan rute baru Banjarmasin - Sampit - Banjarmasin ialah dapat menyediakan pilihan terbang di dalam negeri (Indonesia) dengan penerbangan saling terhubung.

Baca juga: Ada penumpang positif COVID, KKP Baubau sarankan Wings Air dikarantina

Sampit menempatkan sebagai kota tujuan baru kelima Wings Air dari Banjarmasin setelah Balikpapan, Batulicin, Kotabaru dan Palangkaraya.

Sedangkan dari Sampit, Banjarmasin adalah destinasi pertama yang diterbangi setelah Pangkalan Bun, Palangkaraya, Semarang dan Surabaya.

Penumpang melalui Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor akan terhubung ke kota tersebut serta alternatif baru lanjutan penerbangan (connecting flight) ke Balikpapan, Bandung, Denpasar-Bali, Jakarta-Soekarno-Hatta, Makassar, Lombok Praya, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Pontianak, Berau, Tarakan, Kendari, Palu, Manado, Luwuk, Sorong, Ambon, Ternate, Jayapura, Kupang, Labuan Bajo, Maumere dan kota-kota lainnya.

“Pembukaan rute baru ini bisa menjawab permintaan pasar jasa transportasi udara di kedua kota, akan semakin meningkatkan minat orang untuk bepergian menggunakan pesawat udara salah satu ‘Saatnya Jelajahi Borneo’, serta upaya meyakinkan bahwa terbang itu aman, karena pelaksanaan penerbangan dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan,” katanya.

Danang menambahkan rute terbaru Banjarmasin - Sampit - Banjarmasin sebagai kelanjutan pengembangan bisnis (ekspansi) rute domestik.

Pada semester II/ 2020 Wings Air telah membuka jaringan Makassar – Tana Toraja – Makassar, Makassar – Palu – Makassar serta Kupang – Ruteng – Kupang.

Dalam penerbangan ini, Wings Air telah mempersiapkan armada jenis baling-baling (propeller) tipe pesawat ATR 72-500 atau ATR 72-600. Keduanya menawarkan kapasitas tempat duduk 72 kelas ekonomi, konfigurasi atau tata letak 2-2.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021