Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meluncurkan 13 materi iklan layanan masyarakat (ILM) berbentuk video untuk terus mengkampanyekan pencegahan korupsi di masa pandemi COVID-19.

Kegiatan kampanye antikorupsi itu bertujuan untuk membangun sikap peduli dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam melawan korupsi dan juga merupakan bagian dari pendekatan pendidikan masyarakat yang dilakukan KPK dalam pemberantasan korupsi.

Ketua KPK Firli Bahuri dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan kampanye itu salah satunya dengan membuat film pendek untuk mengajak masyarakat agar memiliki imunitas, semangat, dan kesadaran untuk tidak melakukan korupsi.

Baca juga: Lagu Firli Bahuri dan praktik baik cegah korupsi

"Kemudian yang kedua, pendekatan pencegahan melalui perbaikan sistem supaya orang tidak ingin korupsi dan terakhir pendekatan penindakan yang tegas dan terukur supaya orang takut korupsi," kata Firli.

Hal tersebut dikatakannya dalam pembukaan webinar Anti-Corruption Film Festival (ACFFest) seri ketiga bertajuk "Film Directing" sekaligus peluncuran 13 video ILM antikorupsi yang disiarkan melalui kanal Youtube KPK, Jumat.

Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Giri Suprapdiono menjelaskan 13 video ILM yang diluncurkan KPK tersebut sarat akan nilai-nilai antikorupsi yang selama ini disosialisasikan KPK, seperti nilai jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil.

"Dari dua ILM yang diputar menceritakan bagaimana di tengah kondisi sulit saat pandemi, kepedulian datang dari orang yang juga terdampak tetapi tetap ingin berbagi. Yang kedua bagaimana kita mengingatkan untuk mengenakan masker secara benar merupakan bentuk kepedulian, mengajak berubah dari perilaku koruptif," ucap Giri.

Baca juga: Berhasil cegah korupsi, SKK Migas dapat penghargaan KPK

Ia mengharapkan pesan-pesan antikorupsi yang dikemas secara kreatif dalam berbagai bentuk seperti video ILM, film pendek, infografis, buku cerita maupun poster akan lebih mudah dipahami oleh masyarakat.

Di masa pandemi, KPK telah melakukan berbagai kegiatan kampanye antikorupsi, diantaranya saat ini membuka pendaftaran lomba film pendek dan ide cerita film pendek dalam program ACFFest 2020.

Melibatkan peran serta anak muda dan sineas muda, KPK menyelenggarakan kompetisi karya dalam bentuk video dan vlog yang berlangsung selama Agustus hingga Desember 2020.

Baca juga: Nurul Ghufron: KPK sesungguhnya menangis saat tangkap pejabat negara

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020