Buaya yang diamankan itu berjenis kelamin jantan, diperkirakan masih remaja, panjang tubuh 1,62 cm, dan kondisinya dalam keadaaan sehat
Medan (ANTARA) - Petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara berhasil menangkap seekor buaya muara (Crocodylus Novaeguineae) liar di Sungai Deli, Desa Kedai Durian, Kabupaten Deli Serdang.

Kepala BBKSDA Sumut Hotmauli Sianturi, di Medan, Selasa, mengatakan buaya yang diamankan itu berjenis kelamin jantan, diperkirakan masih remaja, panjang tubuh 1,62 cm, dan kondisinya dalam keadaaan sehat.

Ia menyebutkan penangkapan satwa tersebut dilakukan pada Sabtu (5/9) dini hari sekitar pukul 01.20 WIB, dan selanjutnya dilakukan evakuasi dan diserahkan ke BBKSDA Sumut.

"Untuk pemeriksaan kesehatan serta penanganan lebih lanjut buaya muara tersebut kemudian dititipkan ke Lembaga Konservasi Mitra/Binaan BBKSDA Sumut, R Zoo & Park, di Desa Bengabing, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Sersdang Bedagai," katanya.

Hotmauli menjelaskan, buaya tersebut pertama kali ditemukan warga Dusun 4 Gang Keluarga, Desa Kedai Durian sedang berkeliaran di Sungai Deli, dan tidak berapa jauh dari permukiman penduduk.

Warga yang merasa resah melaporkan temuan buaya itu kepada BBKSDA Sumut, dan dilakukan koordinasi dengan pemerintahan desa dan pihak-pihak terkait.

Petugas BBKSDA Sumut mengadakan sosialisasi kepada masyarakat agar berhati-hati melakukan aktifitas di sekitar sungai, serta memasang jerat dengan membuat umpan anak bebek untuk memancing buaya tersebut.

"Sedangkan Pemerintah Desa Kedai Durian juga memasang papan pengumuman dilarang mandi di Sungai Deli Dusun IV, Desa Kedai Durian karena ada buaya liar," demikian Hotmauli Sianturi.

Baca juga: BKSDA Sumut jemput orangutan "Bonbon" untuk direhabilitasi

Baca juga: Viral, seekor buaya ditemukan di Sungai Deli Sumut

Baca juga: Walhi minta BKSDA Sumut lindungi harimau sumatera
​​​​​​​

Baca juga: Buaya muara yang berkeliaran di Medan berhasil ditangkap petugas

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020