Tasikmalaya (ANTARA News) - Jajaran kepolisian Polresta Tasikmalaya menempelkan siker antisipasi kejahatan pembobolan ATM diseluruh kota Tasikmalaya, Jabar, Minggu.

Kapolresta Tasikmalaya, AKBP Aries Syarif Hidayat melalui Kasatreskrim, AKP Harso Pujohartono, mengatakan penempelen stiker himbauan tersebut untuk mengingatkan kepada masyarakat pengguna ATM agar selalu meingkatkan kewaspadaan.

"Ini untuk antisipasi saja, agar masyarakat lebih berhati-hati terhadap aksi kejahatan pembobolan ATM yang selama ini sedang marak di kota lain," katanya.

Ia menjelaskan, stiker yang bertuliskan himbauan hati-hati saat pengambilan uang serta tidak memberitahukan kepada siapapun termasuk petugas Bank tentang PIN ATM yang dimiliki nasabah.

Menurut dia, penempelen stiker upaya efektif agar masyarakat atau nasabah bank yang akan mengambil uang di ATM tetap waspada terhadap aksi kejahatan karena bisa menimpa siapapun dimanapun.

"Antisipasi saja, stiker himbauan sebagai upaya efektif mengingatkan masyarakat," katanya.

Namun kata dia, masyarakat pengguna ATM apabila menghadapi kendala dan keganjalan ketika melakukan pengambilan uang diharapkan segera melaporkan kepihak Bank bersangkutan.

Selain itu, pihak bank secepatnya melakukan koordinasi dengan kepolisian ketika mendapatkan laporan nasabah yang bersangkutan dengan aksi kejahatan pembobolan ATM.

Meskipun kata dia, di wilayah hukum Polresta Tasikmalaya belum mendapatkan laporan dari masyarakat terhadap aksi kejahatan pembobolan ATM seperti kejadian di kota lain di Tanah Air.

"Selama ini belum ada laporan kejahatan pembobolan ATM, tapi masyarakat tetap harus waspada, karena kejahatan serupa bisa terjadi dimana saja dan menimpa siapa saja," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010