Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa menyebutkan pasien positif COVID-19 di Sekolah Calon Perwira (Secapa) AD saat ini tinggal empat orang.

"Hasil lab PCR (polymerase chain reaction) dari 'swab' lanjutan pasien di Secapa AD sampai dengan hari ini (14/8), ada lima pasien lagi yang dinyatakan negatif COVID-19," kata Kasad, melalui pernyataan tertulis, di Jakarta, Jumat.

Dengan bertambahnya pasien yang dinyatakan sembuh dari COVID-19, total pasien yang dinyatakan negatif COVID-19 telah mencapai 1.304 orang (99,7 persen) dari semula 1.308 orang.

Baca juga: Kasad: Sudah 113 Perwira Secapa AD donor plasma darah

Jadi, kata Andika, pasien yang masih positif COVID-19 tinggal empat orang atau 0,3 persen.

Selain itu, katanya, pada Jumat ini ada 20 perwira lulusan Secapa AD yang mendonorkan plasma di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

"Pagi (14/8) ini, ada 20 perwira mantan Secapa lagi yang donor plasma di RSPAD sehingga total pendonor plasma convalesence adalah 155 orang," kata Kasad.

Mereka merupakan perwira Secapa AD yang telah dinyatakan sembuh dari COVID-19.

Istilah terapi plasma convalescent merujuk pada pemberian plasma darah dari orang yang telah sembuh ke pasien lainnya yang dalam masa pengobatan untuk penyakit infeksi yang sama.

Plasma darah dari orang yang telah sembuh diperkirakan bisa membantu melawan SARS-CoV-2 karena memiliki antibodi yang telah dibentuk oleh pasien tersebut.

Baca juga: Kasad jadi Wakil Ketua Komite COVID-19, ini kata Mahfud

Baca juga: Kasad berbagi pengalaman tangani COVID-19 dengan Pimpinan AD Singapura

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020