Pasuruan (ANTARA News) - Taman Safari Indonesia (TSI) II Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Senin (9/11) memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa dengan memberikan edukasi satwa kepada para siswa SD dan MI yang ada di sekitar TSI.

Ratusan siswa yang datang dari wilayah Kecamatan Prigen, dan Purwosari itu sejak pagi diajak berkeliling menyaksikan koleksi satwa langka TSI II Prigen.

Para siswa kemudian mendapatkan pelajaran tentang satwa yang digelar di panggung terbuka aneka satwa. Para siswa yang didampingi gurunya itu dikenalkan berbagai jenis satwa langka yanmg dilindungi, di antaranya, orangutan, ular, singa, harimau, serta elang Jawa.

Dari pemaparan Tim Animal Educator Taman Safari Indonesia II Prigen, para siswa mengetahui populasi satwa langka tersebut, termasuk kondisi habitat aslinya, di mana telah banyak yang rusak.

General Manager Taman Safari Indonesia II Prigen, Michael Sumampau menjelaskan, kegiatan peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya.

Peringatan Hari Cinta Puspa dan satwa juga untuk memberikan pendidikan positif kepada masyarakat terutama bagi para siswa dan guru agar bisa mengenal satwa dan lingkungannya sejak dini..

Michael Sumampau juga mengemukakan, di kawasan sekitar TSI II Prigen masih sering terjadi penjarahan hutan yang dilakukan oleh oknum masyarakat yang kurang bertanggung jawab.

Selain itu di kawasan Gunung Arjuno di sekitar TSI II Prigen juga masih terjadi kebakaran hutan akibat ulah manusia.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009