Unsyiah bersama 15 PTN buka penerimaan jalur mandiri

id Unsyiah,berita aceh,banda aceh,pemerintah aceh,rektor,prof samsul rizal,smmptn,sbmptn,jalur masuk,perguruan tinggi

Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal. ANTARA/HO-Aspri

Aceh Besar (ANTARA) - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh bersama 15 perguruan tinggi negeri di wilayah barat Indonesia membuka Seleksi Mandiri PTN Indonesia Wilayah Barat (SMMPTN-Barat) yang dimulai pada 10 Juli – 22 Agustus 2020 kata pejabat setempat.

“Jalur ini dapat menjadi alternatif bagi calon mahasiswa yang gagal di jalur SBMPTN. Seleksi ini serentak dilakukan bersama PTN yang tergabung dalam Badan Kerja Sama (BKS) Wilayah Barat,” kata Ketua SMMPTN-Barat 2020 yang juga Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan, pendaftaran SMMPTN Barat 2020 dilakukan secara online melalui situs https://pendaftaran.smmptnbarat.id/.

Peserta jalur tersebut merupakan lulusan dengan ijazah tiga tahun terakhir 2018, 2019, dan 2020. Kendati demikian juga ada beberapa kampus yang memiliki kriteria khusus seperti Unsyiah tidak memperkenankan ijazah paket C untuk mendaftar di Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Keperawatan, Farmasi, dan Fakultas Kedokteran Hewan.

“Ada beberapa kampus memiliki kebijakan khusus persyaratan ijazah. Kami meminta kepada peserta agar dapat memahami dengan baik setiap alur pendaftaran di tempat kampus tujuannya,” kata Prof Samsul.

Baca juga: Kemendikbud : KIP Kuliah belum dibuka untuk jalur mandiri
Baca juga: Unud siapkan 1.000 komputer untuk seleksi UTBK jalur mandiri


Dalam jalur SMMPTN barat tahun ini, Unsyiah juga menerima mahasiswa jalur prestasi. Jalur tersebut dikhususkan bagi peserta yang berhasil meraih prestasi baik di bidang keagamaan, olahraga, hingga prestasi tingkat nasional.

Para peserta untuk jalur prestasi wajib mendaftar melalui laman SMMPTN Barat dan untuk informasi lengkap dapat dilihat pada laman www.unsyiah.ac.id

“Kami berharap peserta dapat menyiapkan dirinya sebaik mungkin. Karena jalur mandiri ini adalah jalur terakhir untuk masuk ke perguruan tinggi,” kata Rektor.

Selain Unsyiah, PTN yang menyelenggarakan adalah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Bengkulu, Universitas Jambi (Unja), Universitas Lampung, Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Universitas Palangkaraya (UPR), Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Universitas Bangka Belitung, Universitas Teuku Umar, Institut Teknologi Sumatera, Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, Universitas Samudera, Universitas Riau, dan Universitas Siliwangi.

Baca juga: Rektor Unsyiah: Pendaftaran UTBK dan SBMPTN Dimulai Juni
Baca juga: Unja siapkan enam titik lokasi UTBK SBMPTN 2020
Baca juga: UTBK SBMPTN di USU 2020 direncanakan 5-12 Juli

Pewarta : M Ifdhal
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar