Presiden kurban di Padang, 600 warga kebagian kupon

id sapi kurban,kurban dari presiden

Sapi kurban dari Presiden Joko Widodo untuk warga Sumbar pada Idul Adha 1441 Hijriah. (ANTARA / Ist)

Padang (ANTARA) - Sebanyak 600 warga di Kota Padang mendapatkan pembagian kupon daging kurban dari Presiden Joko Widodo pada Idul Adha 1441 Hijriah atau 2020.

"Sapi seberat 1,060 ton itu asal Solok. Rencananya akan disembelih pada Sabtu (1/8) atau sehari setelah pelaksanaan Shalat Idul Adha di Padang," kata Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Pemprov Sumbar Syaifullah di Padang, Kamis.

Menurutnya sejak beberapa tahun terakhir, Presiden selalu mengirimkan sapi kurban untuk warga Sumbar. Sapi yang dikirimkan adalah sapi pilihan yang beratnya selalu di atas satu ton.

Sapi kurban dari Presiden itu biasanya disembelih di Masjid Raya Sumbar. Dagingnya dibagikan pada penghuni panti asuhan, warga atau masjid yang berada di sekitar Masjid Raya Sumbar.

"Biasanya hanya satu sapi yang disembelih, namun tahun ini kami upayakan ada sapi pendamping untuk sapi kurban dari Presiden," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini ada enam ekor sapi kurban dari pejabat Pemprov Sumbar. Sapi itu biasanya disembelih di masjid kantor gubernur. Rencananya sebagian sapi itu akan disembelih di Masjid Raya Sumbar sebagai pendamping sapi Presiden.

Sementara itu Shalat Idul Adha 1441 Hijriah di Sumbar akan dipusatkan di halaman kantor gubernur setempat dengan penerapan standar protokol COVID-19.

Seluruh jamaah harus menggunakan masker, cek suhu, mencuci tangan menggunakan sabun atau cairan pencuci tangan serta jarak antara jamaah yang diatur sekitar satu meter.

Hal itu dilakukan untuk meminimalkan potensi penyebaran coronavirus saat ibadah berjamaah dilaksanakan.

Pewarta : Miko Elfisha
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar