Aceh Besar (ANTARA) - Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah memastikan Marching Band Gita Handayani Dinas Pendidikan Aceh akan ikut berpartisipasi dalam peringatan hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

“Insya Allah, Kita punya tradisi untuk tampil di Istana Negara pada kegiatan 17 Agustus," kata Nova Iriansyah di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan itu disampaikan usai menggelar rapat pagelaran kesenian dalam rangka HUT Kemerdekaan RI Tahun 2020, yang secara virtual yang dipimpin langsung Kepala Sekretariat Kepresidenan, Heru Budi Hartomo.

Rapat virtual tersebut diikuti Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Kesbangpol, Kepala Dinas Kominsa, Kepala Biro Umum Setda Aceh serta perwakilan tim Marching Band Gita Handayani.

Baca juga: Warga Indonesia kenakan pakaian adat saat upacara HUT RI di Budapest

Baca juga: Upacara bawah laut dilakukan Komunitas penyelam peringati HUT RI


Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana selaku Ketua Bidang Kerumahtanggaan dan Kemitraan, Rika Kiswardani, mengatakan acara kenegaraan tersebut direncanakan akan didahului dengan penampilan pagelaran kesenian selama 30 menit sebelum upacara peringatan detik-detik proklamasi.

Kemudian 60 menit sebelum penurunan bendera pada sore hari juga akan ada pagelaran seni daerah. Pagelaran seni dari Aceh direncanakan akan tampil pada sore hari.

"Mengingat masih berlangsungnya masa pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia, maka seluruh penampilan Pagelaran Kesenian dimaksud akan ditampilkan secara virtual dan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi pemerintah dan swasta di Indonesia," kata Rika.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin, mengatakan Pemerintah Aceh siap dengan menampilkan tarian daerah dan Marching Band Gita Handayani.

“Kita siap menyukseskan perayaan HUT Indonesia dan tampil menyesuaikan dengan waktu yang tersedia," kata Jamaluddin.

Tim Marching Band Gita Handayani mengukir banyak prestasi di tingkat nasional seperti meraih juara umum Grand Prix Junior Band (GPJB) piala Presiden Republik Indonesia.

Sebelumnya pada tahun 2018, Marching band juga menjadi juara umum di kejuaraan Marching Band Piala Raja Hamengku Buwono di Yogyakarta dan pada tahun 2017, tim ini juga tampil di Istana Negara pada perayaan Kemerdekaan Indonesia.*

Baca juga: Saat Presiden tanya Rangga yang gugup di hadapan tiang bendera

Baca juga: Siswa dari Sulsel dapat sepatu dari Presiden Jokowi

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020