Ditemukan selamat, 3 penumpang kapal mati mesin di Wakatobi

id Basarnas

Tim SAR gabungan Basarnas Kendari menemukan tiga penumpang kapal yang dilaporkan mati mesin di perairan Numana, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara dalam keadaan selamat, Jumat (3/7/2020) malam. (ANTARA/HO-Humas Basarnas Kendari)

Kendari (ANTARA) - Sebanyak tiga penumpang kapal yang dilaporkan mati mesin di perairan Numana Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), ditemukan dalam keadaan selamat, Jumat malam.

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi melalui siaran pers diterima di Kendari, Jumat malam, mengatakan ketiga penumpang kapal tersebut ditemukan pada pukul 21.05 Wita dalam keadaan selamat di sekitar perairan Numata.

"Pada pukul 21.05 Wita Tim Rescue Pos SAR Wakatobi bersama unsur terkait dengan menggunakan RIB berhasil menemukan 'longboat' bersama tiga orang POB di dalamnya dalam keadaan selamat," katanya.

Baca juga: Kapal ikan rute Jateng-Maluku terbakar di perairan Wakatobi

Selanjutnya, kata dia, dua di antara tiga penumpang kapal tersebut dievakuasi ke perahu karet Basarnas, sedangkan satu lainnya tetap berada di kapal tersebut lalu ditarik (towing) oleh kapal nelayan lainnya menuju Pelabuhan Marina Wanci dengan tetap dilakukan pengawalan oleh pihak Basarnas.

"Pada pukul 23.00 Wita, Tim Rescue Pos SAR Wakatobi tiba di Pelabuhan Marina beserta tiga orang POB 'longboat' dalam keadaan selamat," ungkap Aris.
 
Tim SAR gabungan Basarnas Kendari menemukan tiga penumpang kapal yang dilaporkan mati mesin di Perairan Numana Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara dalam keadaan selamat, Jumat (3/7/2020) malam. (ANTARA/HO-Humas Basarnas Kendari)


Unsur yang terlibat dalam operasi pencarian tersebut, di antaranya Rescuer Pos SAR Wakatobi enam orang, Pos AL Wakatobi satu orang, nelayan tiga orang. Ala utama yang digunakan dalam pencarian itu, RIB Pos SAR Wakatobi dan kapal milik nelayan.

Sebanyak tiga penumpang tersebut, Amirudin (38), Alex (40), dan Ajis (20), ketiganya warga Desa Numana, Kecamatan Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi.

Sebelumnya, Basarnas Kendari menerima laporan dari keluarga korban bernama Tasri bahwa pada pukul 17.30 Wita telah terjadi kecelakaan kapal, yakni "longboat" mengalami mati mesin di perairan Numana, Kabupaten Wakatobi.

Berdasarkan laporan tersebut, pada pukul 19.45 Wita, Tim Rescue Pos SAR Wakatobi diberangkatkan menuju lokasi kejadian dengan menggunakan RIB untuk memberikan pertolongan.

Baca juga: Basarnas cari tiga penumpang kapal mati mesin di perairan Wakatobi
Baca juga: 7 korban kapal tenggelam di Perairan Wakatobi ditemukan selamat

 

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar