Pekanbaru (ANTARA) - Jumlah pasien positif COVID-19 di Provinsi Riau yang sembuh terus bertambah hingga mencapai 99 orang pada Kamis (4/6), atau setara 84,6 persen dari total 117 kasus yang terkonfirmasi.

“Tingkat kesembuhan pasien mencapai 84,6 persen, meski begitu ini bukan sesuatu hal yang harus kita sikapi dengan berlebihan. Tidak perlu ada euforia sehingga kita bisa bebas keluar rumah tanpa melakukan protokol kesehatan,” kata Juru Bicara COVID-19 Riau dr Indra Yovi Sp.P(K) dalam pernyataan pers di Pekanbaru, Kamis sore.

Baca juga: Jam operasional mal di Pekanbaru diperpanjang sampai malam

Ia menjabarkan dari 117 kasus positif COVID-19 di Riau, tinggal 12 pasien yang masih dirawat, 99 sembuh dan enam orang meninggal dunia.

“Pasien yang belum sembuh dari klaster kepulangan santri Magetan, dan satu orang dari mahasiswa yang kuliah di luar negeri,” katanya.

Ia mengatakan pada hari ini tidak ada tambahan kasus baru, justru ada tambahan tiga pasien yang dinyatakan sembuh. Mereka antara lain berinisial SAR (19), warga Kabupaten Indragiri Hilir, DGA (19), warga Kota Dumai, dan Tn. MRH (20) warga Kabupaten Pelalawan.

Pasien dalam pengawasan (PDP) yang masih dirawat berjumlah 71 pasien, yang dinyatakan negatif dan dipulangkan berjumlah 1.219 orang, dan PDP yang meninggal dunia berjumlah 157 orang.

Baca juga: Dinkes Pekanbaru uji swab 10 orang reaktif dari rapid test massal

Baca juga: Pasien COVID-19 terakhir di RSUD AA Riau dinyatakan sembuh


“PDP kita yang meninggal cukup banyak, ada yang sudah dikonfirmasi negatif COVID-19, namun tidak semuanya bisa dikonfirmasi positif COVID-19 karena ada yang hanya sekali dilakukan tes swab sudah duluan meninggal dunia,” katanya.

Ia mengatakan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) yang masih harus menjalani isolasi mandiri ada 5.462 orang. Jumlah itu terus menurun dan ODP yang sudah selesai pemantauan berjumlah 64.164 orang.

“Jumlah ODP kita terus menurun, ini artinya pengawasan di pos perbatasan antardaerah sudah bekerja dengan baik,” ujarnya.

Baca juga: Diskes Pekanbaru lakukan tes cepat COVID-19 sebanyak 2.057 kali

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020