Pamekasan (ANTARA) - Sebanyak  84 orang warga Pulau Madura, Jawa Timur terdata positif terpapar virus corona atau COVID-19 hingga 28 Mei 2020, sesuai hasil pendataan tim Satgas COVID-19 Pemprov Jatim.

"Data ini, sesuai dengan hasil pendataan tim Satgas COVID-19 Pemprov Jatim yang kami terima malam ini," kata juru bicara Satgas COVID-19 Pamekasan Sigit Priyono di Pamekasan, Kamis malam.

Ke-84 warga yang dinyatakan positif terpapar COVID-19 itu tersebar di empat kabupaten. Perinciannya meliputi, Kabupaten Bangkalan sebanyak 39 orang, Sampang 20 orang, Pamekasan 14 orang, dan di Kabupaten Sumenep sebanyak 11 orang.

"Untuk kasus corona yang bertambah adalah Bangkalan, Sampang dan Sumenep," kata Sigit.

Baca juga: Cegah COVID-19, Universitas Brawijaya bantu APD RSUD Pamekasan
Baca juga: 19 warga Madura positif COVID-19


Sesuai dengan data Satgas COVID-19 Pemprov Jatim yang disampaikan ke masing-masing daerah, Bangkalan bertambah tiga orang, Sampang bertambah enam orang dan Sumenep bertambah empat orang.

"Di Pamekasan, untuk kasus positif corona tetap, tapi jumlah PDP-nya bertambah," kata Sigit.

Ia menjelaskan, jumlah kasus PDP baru di Pamekasan per tanggal 28 Mei 2020 sebanyak 10 orang.

"Sehingga total jumlah PDP di kabupaten ini per 28 Mei sekarang ini sebanyak 65 orang," kata Sigit menjelaskan.

Baca juga: Berdonasi cegah COVID-19, Madura United lelang kostum pemain
Baca juga: Sebagian DBHCT digunakan untuk tangani COVID-19 di Bangkalan-Madura


Jumlah terbanyak pasien dalam pengawasan (PDP) di Madura adalah Kabupaten Pamekasan yakni 65 orang, Bangkalan 22 orang, Sampang 20 orang dan Sumenep sebanyak 8 orang.

Sementara jumlah orang dalam pemantauan (ODP) terbanyak di Kabupaten Bangkalan yakni sebanyak 910 orang, lalu Sampang 482 orang, Pamekasan sebanyak 477 orang dan di Kabupaten Sumenep sebanyak 344 orang.

Banyaknya tambahan kasus baru di empat kabupaten di Pulau Garam Madura ini setelah banyak warga perantau yang mudik ke kampung halamannya di Madura untuk merayakan Lebaran.

Baca juga: IKAMA imbau warga Jabar asal Madura tidak mudik Lebaran
Baca juga: DKR Madura minta pemkab berlakukan karantina

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020