hari ini kita sudah merayakan Idul Fitri 1441 Hijriah, setelah berpuasa sebulan penuh selama tiga puluh hari
Suka Makmue (ANTARA) - Umat Islam pengikut Thariqat Syattariyah di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Sabtu pagi, sudah merayakan Idul Fitri 1441 Hijriah.

Perayaan tersebut ditandangi dengan pelaksanaan Shalat Id di Komplek Masjid Peuleukung, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya.

Baca juga: Sejumlah desa muslim di Pulau Ambon sudah rayakan Idul Fitri 1441 H

"Alhamdulillah hari ini kita sudah merayakan Idul Fitri 1441 Hijriah, setelah berpuasa sebulan penuh selama tiga puluh hari," kata cucu kandung Abu Habib Muda Seunagan, Teuku Raja Keumangan, Sabtu.

Menurutnya, pelaksanaan Shalat Id dilakukan setelah umat muslim melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

Baca juga: Idul Fitri 1441 Hijriah jatuh pada Minggu

Ia menjelaskan pelaksanaan hari raya ini dilakukan setelah pelaksanaan puasa Ramadhan tuntas dilakukan selama satu bulan penuh, sesuai dengan tuntunan Al Quran dan hadits sahih.

Baca juga: Pemkot Balikpapan tegaskan tak ada Shalat Id di masjid atau lapangan

"Metode pelaksanaan puasa Ramadhan dan penentuan Hari Raya Idul Fitri, menggunakan metode hisab (hitungan) bilangan lima, sesuai yang tertera dalam kitab," kata Teuku Raja Keumangan.

Meski dirayakan berbeda, ia berharap perbedaan ini semakin mempersatukan umat muslim di Aceh dan Tanah Air, dalam keberagaman kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca juga: Pimpinan daerah Nagan Raya Aceh imbau warga Shalat Id di rumah

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020