Padang (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) memperkirakan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu legislatif akan bertambah sekitar 10 persen, setelah hasil pemutakhiran menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilpres 2009.

"Kita memang belum menerima secara keseluruhan data final dari tingkat Panitia Pemungut Suara (PPS) hasil pemutakiran DPT menjadi DPS itu. Tapi dalam rapat koordinasi bersama seluruh PPK menunjukkan akan terjadi penambahan jumlah pemilih sekitar 10 persen dari 297.209 dalam DPT," kata Ketua KPU Agam, Fikon, ketika dikonfirmasi dari Padang, Minggu.

Dia menjelaskan, hingga batas akhir jadwal pemutakhiran DPT menjadi DPS Pilpres, belum ada satu pun yang masuk ke KPU Agam.

Namun, pihaknya sudah meminta PPK secepatnya melaporkan ke KPU dan paling lambatnya hingga 11 Mei, sehingga hasil pemutakhiran DPT menjadi DPS Pilpres diumumkan dalam waktu dua hari ke depan hingga 17 Mei 2009.

"Kita berharap hasil pemutakhiran DPT menjadi DPS Pilpres dapat dilihat masyarakat dalam rentang waktu pengumuman itu. Bagi ada warga yang belum masuk agar melaporkan ke PPS atau PPK," katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Koordinator Divisi Teknis KPU Tanah Datar, Alni, SH mengatakan, hingga batas akhir pemutakhiran DPT menjadi DPS Pilpres belum diperoleh berapa jumlah penambahan pemilih itu.

Namun, penambahan jelas ada tapi jumlah pastinya belum ada laporan, karena masih pada tingkat PPK dan diharapkan secepatnya masuk ke KPU kabupaten.

Jumlah DPT Pemilu 9 April 2009 legislatif Tanah Datar sebanyak 230.136 orang yang tersebar pada 14 kecamatan dengan jumlah TPS 914 unit.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009