Total kasus terkait virus corona di Penajam Paser Utara 104 orang

id dinkes penajam,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Arnold Wayong. (Antaranews/Novi Abdi)

Penajam (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, melaporkan total kasus virus corona jenis baru penyebab wabah COVID-19 di daerah itu hingga Sabtu, tercatat 104 orang.

"Hingga saat ini tercatat 104 kasus corona yang ditangani Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Arnold Wayong ketika dihubungi di Penajam, Sabtu.

Baca juga: Perusahaan Penajam diminta isolasi TKA cegah COVID-19

Dari jumlah 104 kasus Corona tersebut, 88 orang masih dalam pemantauan (orang dalam pemantauan/ODP) dan 16 orang telah dinyatakan negatif COVID-19 dan masa pemantauan sudah selesai.

Jumlah 104 kasus COVID-19 itu tersebar di empat kecamatan, di Kecamatan Penajam terdapat 33 warga berstatus ODP dan 10 orang telah dinyatakan bebas virus corona serta masa pemantauan telah selesai.

Di Kecamatan Waru terdapat tiga warga berstatus ODP dan satu orang sudah dinyatakan negatif COVID-19 serta masa pemantauan selesai.

Di Kecamatan Babulu terdapat 38 warga berstatus ODP dan empat orang telah dinyatakan negatif virus corona serta masa pemantauan telah selesai.

Sementara di Kecamatan Sepaku terdapat 14 warga berstatus ODP dan satu warga sudah dinyatakan negatif COVID-19 dan masa pemantauan telah selesai.

Sehingga sampai sekarang, kata Arnold Wayong, warga Kabupaten Penajam Paser Utara yang PDP (pasien dalam pengawasan) atau terduga dan positif Virus Corona nihil atau tidak ada.

Baca juga: Wabah Corona, Pemkab Penajam berencana beri sembako ke warga

Warga yang terdata berstatus ODP tersebut terus dipantau secara khusus oleh Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara, dan perkembangannya dilaporkan secara berkala.

Masyarakat diminta untuk segera melaporkan apabila ada keluarga dan tetangga yang terkena gejala COVID-19, atau segera periksa ke pusat layanan kesehatan terdekat.

"Kami imbau masyarakat untuk tenang dan tetap waspada dengan menjaga kesehatan diri serta kebersihan diri serta kebersihan lingkungan," ucap Juri Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut.

Baca juga: Disdikpora: Jangan manfaatkan libur sekolah untuk ke tempat keramaian

 

Pewarta : Novi Abdi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar