Pemkab Bengkalis siapkan ruang isolasi antisipasi pasien corona

id pemkab bengkalis,corona,riau

Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis Bustami HY melakukan peninjauan di RSUD Bengkalis untuk melihat kesiapan rumah sakit tersebut apabila nanti ditemukan pasien yang terjangkit virus corona. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis Riau saat ini sudah menyiapkan ruang isolasi di RSUD setempat sebagai upaya antisipasi apabila ditemukan pasien diduga terjangkiti virus corona.

“Tadi kita sudah cek ruangan isolasi, seperti tabung oksigen, tempat tidur, exhaustfan serta alat-alat medis lainnya sudah disiapkan. Ini sebagai langkah antisipasi apabila ada masyarakat yang terjangkit virus corona," ujar Sekda Bengkalis Bustami HY saat meninjau di RSUD Bengkalis, Rabu.

Sekda juga meminta Dinas Kesehatan Bengkalis untuk meningkatkan koordinasi dengan puskesmas untuk mendeteksi dini penyakit tersebut.

"Seandainya ada pasien di Kabupaten Bengkalis yang terdampak penyakit itu bisa segera ditangani," katanya lagi.

Baca juga: Cegah virus corona, Bengkalis aktifkan SKD dan surveilans ketat

Baca juga: Imigrasi Riau perketat pemeriksaan WNA China cegah virus corona

Baca juga: Enam mahasiswa Riau berada di Wuhan China dalam kondisi sehat


Langkah lain juga telah diambil dengan melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak, termasuk melakukan pemantauan terhadap pekerja asing yang ada di  Bengkalis.

"Berdasarkan informasi dari Kantor Imigrasi Bengkalis, saat ini jumlah tenaga asing dari Tiongkok yang bekerja di Kabupaten Bengkaljs sebanyak 10 orang, 6 orang berada di Kecamatan Pinggir dan 4 orang bekerja di Kecamatan Mandau," kata Sekda.

Wakil Direktur RSUD Bengkalis Rita Puspa menjelaskan bahwa RSUD Bengkalis bersama Dinas Teknis lainnya terus bergerak untuk memberikan sosialisasi dan melaksanakan langkah-langkah antisipasi.

“Kita akan mensosialisasikan dan memberikan informasikan ke masyarakat agar tidak resah. Kami juga mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, sebab virus ini gejala umumnya seperti flu biasa,” kata Rita.*

Baca juga: Pasang pemindai suhu, Pelabuhan Internasional Dumai siaga virus corona

Baca juga: RSUD Arifin Achmad Riau siapkan ruang isolasi pasien terduga corona

Baca juga: Soal virus corona, warga Riau diminta Dinkes tidak panik

Pewarta : Alfisnardo
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar