Koarmada III bantu pencarian KLM Panji Saputra dengan pesawat patroli

id Kapal motor hilang papua,Papua barat

Tim Koarmada III saat melakukan pencarian KLM Panji Saputra di perairan Ambon (ANTARA/Foto Istimewa)

Sorong (ANTARA) - Komando Armada lll TNI Angkatan Laut Sorong Papua Barat membantu melakukan pencarian terhadap Kapal Layar Motor (KLM) Panji Saputra yang dilaporkan hilang kontak dalam pelayar di perairan Ambon Maluku.

Panglima Komando Armada III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan di Sorong, Senin, mengatakan bahwa pihaknya pada 19 Januari 2020 mengerahkan satu unit pesawat patroli maritim CN-235/P-8302 guna melakukan pencarian terhadap KLM Panji Saputra.

Ia mengatakan, unsur-unsur operasional Komando Armada III bekerja sama dengan instansi terkait dalam melakukan pencarian terhadap KLM Panji Saputra yang hilang kontak dalam pelayar dari Kota Ambon menuju Saumlaki Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Moa Kabupaten Maluku Barat Daya.

Baca juga: Kapal bermuatan 10 orang terombang-ambing di Perairan Kei, Maluku

Ia menyampaikan bahwa pesawat patroli maritim Koarmada III dikendalikan oleh pilot Mayor Laut (P) Iwan Purwanto dan Co Pilot dan Lettu Laut (P) M. Novito beserta enam anggota.

Tim melakukan pencarian mulai pada 19 Januari 2020 dengan menyisir sepanjang perairan Ambon hingga Saumlaki dan Moa namun belum berhasil menemukan kapal motor tersebut.

Menurut dia, KLM Panji Saputra berangkat dari Ambon pada tanggal 7 Januari 2020 dengan estimasi tiba di Saumlaki pada tanggal 11 Januari 2020, namun sampai saat ini belum juga tiba di Saumlaki.

"Kapal motor tersebut memiliki panjang 10 meter dan lebar 2 meter serta berwarna hijau mengangkut enam orang yang terdiri dari empat ABK dan dua penumpang. Tim masih terus melakukan pencarian terhadap KLM Panji Saputra tersebut," tambah dia.

Baca juga: Kapal motor bawa tujuh ABK hilang kontak

Pewarta : Ernes Broning Kakisina
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar