Penahbisan Romo Siprianus Hormat sebagai uskup akan dilaksanakan tiga bulan setelah pengumuman penetapan uskup terplih berlangsung
Kupang (ANTARA) - Paus Fransiskus di Vatikan menetapkan Sekretaris Eksekutif Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Romo Siprianus Hormat, Pr (53) sebagai Uskup Ruteng, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Pengumuman penetapan Uskup Ruteng di Pulau Flores itu dilakukan dalam ibadat sabda yang berlangsung di Gereja Katedral Ruteng, Kabupaten Manggarai, Rabu malam.

Vikaris Jenderal Keuskupan Ruteng, Romo Alfonsius Segar, Pr membacakan secara langsung surat Duta Besar Vatikan untuk Indonesia tentang penetapan Romo Siprianus Hormat sebagai Uskup Ruteng.

Surat keputusan itu dibacakan di hadapan ratusan umat Katolik, para pastor, biarawan,  serta biarawati yang menghadiri ibadat sabda pengumuman penetapan Uskup Ruteng.

Surat keputusan penetapan Romo Siprianus Hormat, Pr sebagai Uskup Ruteng itu ditujukan kepada Uskup Denpasar Mgr. Silvester San, Pr sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng setelah mundurnya Uskup Ruteng Huber Leteng pada 2017.

Baca juga: Uskup Agung Jakarta jadi Kardinal Vatikan, KBRI akan gelar misa syukur

Romo Siparinus Hormat yang lahir di Cibal, Kabupaten Manggarai pada 16 Juli 1966 saat ini sebagai Sekretaris Eksekutif KWI di Jakarta.

Vikaris Jenderal Keuskupan Ruteng, Romo Alfonsius Segar, Pr yang dihubungi ANTARA mengatakan penahbisan terhadap Uskup Ruteng akan berlangsung di Ruteng pada Maret 2020.

"Penahbisan Romo Siprianus Hormat sebagai uskup akan dilaksanakan tiga bulan setelah pengumuman penetapan uskup terplih berlangsung," kata Romo Alfonsius Segar.

Ia mengatakan umat Katolik di wilayah Manggarai, Manggarai Timur, dan Manggarai Barat begitu gembira atas keputusan penetapan Romo Siprianus Hormat sebagai Uskup Ruteng. 

Baca juga: Uskup Timika John Saklil meninggal dunia
Baca juga: Uskup Atambua tahbiskan 18 orang diakon
Baca juga: Dubes Vatikan pimpin penahbisan Uskup Agung Medan

 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019