Pengalaman internasional ini tentu akan sangat berkesan dan bermanfaat besar bagi kehidupan dan karir akademik mereka
Kuala Lumpur (ANTARA) - Sebanyak empat mahasiswa Program Studi Teknologi Informatika Fakultas Komputer Universitas Kuningan (FKOM Uniku) mengikuti program transfer kredit di Universiti Utara Malaysia (UUM), Sabtu.

Salah satu peserta transfer kredit itu disponsori oleh Belmawa Kemenristekdik RI, sedangkan empat mahasiswa tersebut adalah Aldi Rizki Juniar, Dessy Rizky Amalia, Anita Azura, dan Tarisya Safitri.

Keempat mahasiswa tersebut akan mengikuti perkuliahan selama satu semester di universitas terbesar di kawasan utara Malaysia yang berbatasan dengan Thailand.

Mereka diterima oleh Director for International Affairs and Cooperation (CIAC) UUM Prof. Madya Dr. Mohamad Farizal Bin Rajemi dan Dekan School of Computing Professor Dr. Huda Haji Ibrahim di gedung CIAC UUM.

"Kami sambut hangat kehadiran empat mahasiswa Uniku. Nikmatilah suasana akademik di UUM. Semoga kerasan belajar di sini. Insyaallah,” ujar Direktur CIAC UUM Mohamad Farizal Bin Rajemi.

Baca juga: Ini kegiatan 45 mahasiswa pascasarjana Uniku di Malaysia

Selain mengikuti perkuliahan selama satu semester mahasiswa akan diberikan kursus singkat tentang “Internet of Things” (IoT). Instrukturnya adalah para dosen Teknik Informatika UUM yang berpengalaman.

“Selain perkuliahan dan 'campus tour', mahasiswa Uniku yang ikut program ini akan kami dibekali dengan kemampuan dan pengetahuan tentang Internet of Things sebagai bekal mereka menghadapi revolusi industri 4.0,” ujar Dekan School of Computing, Professor Dr. Huda Haji Ibrahim.

Prof Huda mengungkapkan di UUM tersedia berbagai fasilitas laboratorium dan segala hal terkait dengan pengembangan pengetahuan dan kemampuan teknis dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.

“Bila seluruh mahasiswa mengikuti program ini dengan baik, maka insyaallah selama satu semester menimba ilmu di UUM, akan ada peningkatan yang signifikan,” ujarnya.

Dekan FKOM Uniku Dadang Hamdani, M.Kom mengungkapkan kegembiraannya bisa mengirimkan empat mahasiswanya untuk mengikuti program internasional itu.

“Harapan kami, mereka betah di sana, dan bisa mengambil hal-hal positif terutama menikmati suasana dan budaya akademik yang berbeda. Pengalaman internasional ini tentu akan sangat berkesan dan bermanfaat besar bagi kehidupan dan karir akademik mereka,” ujar dia.

Baca juga: Sutradara "Bait Surau" gelar pelatihan di Uniku

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019