Puluhan pengungsi dari Wamena tiba di Labuan Bajo

id Labuan Bajo

Sejumlah pengungsi dari Wamena yang menumpang kapal KM Tilong Kabila tiba di pelabuhan Labuan Bajo. (Antara/HO)

Kupang (ANTARA) - Sebanyak 87 pengungsi Wamena dari sejumlah kabupaten di pulau Flores Nusa Tenggara Timur tiba di Labuan Bajo, Manggarai Barat menggunakan kapal Pelni KM Tilong Kabila.

Sekda Manggarai Barat, Rofinus Mbon saat dihubungi dari Kupang, Kamis (17/10) mengatakan puluhan pengungsi itu tiba di Labuan Bajo pada pukul 03.50 WITA.

"Subuh tadi saya bersama Kapolres Manggarai Barat dan beberapa pejabat yang menjemput kedatangan para pengungsi, " katanya.

Baca juga: Gubernur: Bantuan perantau Minang di Wamena mendekati Rp6 miliar

Ia menjelaskan puluhan pengungsi itu berasal dari sejumlah kabupaten di daratan Flores yakni Manggarai Barat, Manggarai da dari Kabupaten Manggarai Timur.

"Kalau dari Manggarai Barat berjumlah 36 orang, Kabupaten Manggarai 30 orang dan kabupaten Manggarai Timur 21 orang," katanya.

Ia menjelaskan sebelum dipulangkan ke masing-masing kabupaten semuanya diarahkan untuk istirahat sementara di Aula Polresta Manggarai Barat.

Baca juga: Tiba di Pelabuhan Murhum Baubau pengungsi Sultra korban konflik Wamena

"Tadi langsung dipulangkan ke kampung halaman masing-masing tetapi sebelumnya mereka beristirahat dulu, " ujarnya.

Dari sejumlah pengungsi itu, kata dia, ada juga anak-anak dan pelajar yang terpaksa pulang karena kondisi keamanan di Papua hingga kini belum kondusif.

Menurut dia, pemerintah juga memfasilitasi kepulangan seluruh masyarakat di tiga kabupaten itu agar tiba di kampung halaman dengan selamat.

Baca juga: Tim medis Makassar data kesehatan pengungsi Wamena

Pewarta : Kornelis Kaha
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar