karena anggaran yang disiapkan dari pusat, tapi tanah yang digunakan dari Pemda
Klungkung, Bali (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menyiapkan anggaran untuk pembangunan Pelabuhan Segitiga Emas di Kabupaten Klungkung, Bali.

Kesiapan Kemenhub itu, menurut Humas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung dalam keterangan tertulis, Kamis,  disampaikan Dirjen Perhubungan Darat (Hubdar) Kemenhub  Budi Setiyadi saat mengecek rencana lokasi pembangunan dua dari tiga dermaga pelabuhan segitiga emas di Nusa Penida (15/10).

Didampingi Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, rombongan dari Kemenhub, Dinas Perhubungan Provinsi Bali, dan Kabupaten Klungkung itu mengecek lokasi rencana pembangunan dermaga di Pelabuhan Sampalan (Nusa Penida) dan Pelabuhan Bias Munjul (Nusa Ceningan).

Setelah mencermati secara rinci di lapangan, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengaku akan seoptimal mungkin untuk mengaktualisasikannya pada tahun 2020.

"Dengan catatan, karena anggaran yang disiapkan dari pusat, tapi tanah yang digunakan dari Pemda, harus ada pelimpahan secara administrasi dari Pemda ke pusat. Setelah disiapkan anggaran akan dikembalikan lagi ke daerah untuk dikelola. Nanti akan saya aktualisasikan tahun 2020," ujar Budi Setiyadi.

Pihaknya juga menanyakan rencana pengelolaan dari pelabuhan tersebut, apakah akan dikerjasamakan dengan pihak swasta atau bagaimana, karena ini merupakan salah satu sumber pendapatan, maka harus dikelola secara professional.

"Sebagai operator pengelola nanti siapa, harus profesional. Jangan sampai setelah dibangun malah menurun, karena ini sumber pendapatan," ucap Budi Setiyadi.

Sementara itu Bupati Klungkung Suwirta Bupati Suwirta menyatakan saat ini pemerintah daerah membuat beberapa badan pengelola. Untuk pelabuhan itu, apabila sudah selesai dibangun dan diserahkan ke Pemda untuk mengelola, akan disiapkan badan pengelola mulai sekarang.

"Karena kami ingin mempunyai dermaga yang benar-benar representatif," ujar Suwirta.

Sementara itu, dari rencana pembangunan Pelabuhan Sampalan akan dibangun dua lantai dengan luas area kolam 9.000 meter persegi, kapasitas sandar 10 fast boat, dengan estimasi biaya Rp98 miliar, sedangkan Pelabuhan Bias Munjul akan dibangun terkoneksi antara fast boat dan kapal ro-ro, dengan estimasi biaya sebesar Rp138 miliar.

Untuk mempercepat pembangunan Pelabuhan Segitiga Emas, baik fisik maupun infrastuktur, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Klungkung telah menyerahkan dua buah sertifikat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung kepada Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta (14/10).

"Kami sebagai penyelenggara administrasi pertanahan sangat mendukung program-program pembangunan pemerintah daerah, karena itu kami (BPN) menyerahkan dua sertifikat atas nama pemerintah daerah kepada Pemkab Klungkung dengan luas 6.900 meter persegi untuk pembangunan Pelabuhan Bias Munjul dan 4.920 meter persegi untuk Pembangunan Stage Ceningan," kata Kepala BPN Klungkung, Cok Gede Agung Astawa Putra.

Baca juga: Balai Kesehatan: Gangguan jantung paling banyak dialami pilot

Baca juga: Jasa Marga: 70 persen truk di Tol Surabaya-Mojokorto langgar ODOL

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf/Gembong Ismadi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019