Jumlah pengunjung dalam acara ini diperkirakan mencapai 1.500 orang
Jakarta (ANTARA) - Wonderful Indonesia Festival yang berlangsung pada 11 – 13 Oktober 2019 di Siam Paragon Mall, Bangkok, Thailand, terbukti sukses memikat perhatian kaum milenial di negara itu.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata, Dessy Ruhati di Jakarta, Rabu, menjelaskan Wonderful Indonesia Festival menampilkan program aktivasi yang disesuaikan dengan preferensi target pasar milenial di Negeri Gajah Putih.

“Jumlah pengunjung dalam acara ini diperkirakan mencapai 1.500 orang,” katanya.

Pengunjung sebagian besar atau lebih dari 63 persen adalah kaum perempuan serta preferensi atau ketertarikan mereka terhadap destinasi yang divoting melalui klik ketika bermain QR Code yaitu pantai (34 persen), kota (25 persen), gunung (22 persen), dan budaya (19 persen).

Baca juga: Logo Wonderful Indonesia hiasi taxi di Paris sepanjang September

Dessy menjelaskan pergerakan wisatawan Thailand yang datang ke Indonesia mencapai 124.153 orang pada 2018. Angka ini naik signifikan 16,6 persen dari tahun sebelumnya. Lebih spesial lagi, pergerakan wisatawan asal Thailand pada rentang Januari-Agustus 2019 mencapai 90.863 orang wisman. Adapun target yang dituju berada pada angka 162.000 orang.

“Untuk itu, di event kali ini kami hadirkan beberapa influencer lokal yang memiliki ribuan followers seperti @akkakarat yang memiliki 288.000 followers, @pimpatty dengan 375.000 followers, dan masih banyak lagi,” ujarnya.

Selain itu, aktivitas di stan Wonderful Indonesia juga sangat kekinian sehingga mampu menarik pengunjung milenial untuk datang. Aktivitasnya sendiri berupa wall interactive and digital interactive games, mixologist corner, Tourism Information Center, serta door prize.

Selain itu, ada beragam aktivitas seperti penyajian minuman khas Indonesia dan refreshment, hingga talkshow KOL, dan influencer. Ada juga penampilan artis lokal, penampilan DJ, grand prize, dan give away.

“Ke depannya untuk meningkatkan penjualan paket wisata dapat juga dijajaki dalam bentuk festival seperti online travel fair, yang bekerja sama dengan airlines lokal untuk menjual tiket pesawat ke destinasi Indonesia dengan harga murah sehingga dapat bersaing dengan harga kompetitor lain seperti Vietnam, China, Korea, dan Jepang,” kata Dessy.

Baca juga: Festival Wonderful Indonesia di London Bridge

Hal ini juga kata dia, sebagai pendekatan pada perilaku konsumen yang cenderung mengatur jadwal perjalanan sendiri tanpa jasa agen.

Wonderful Indonesia Festival menyertakan 3 agen perjalanan asal Thailand, juga satu agen perjalanan online dan satu maskapai.

Thailand memiliki potensi pasar 67,9 juta orang pada 2015. Pergerakan penumpang yang menggunakan maskapai mencapai 9,7 Juta orang.

Dari sisi inbound, wisman yang datang mengalami peningkatan 8,91 persen pada 2016. Angka riilnya sekitar 32,5 juta orang wisman. Peningkatan ini juga berdampak pada pertumbuhan PDB nasional Thailand mencapai 2.8 persen pada 2015, yaitu sebesar 395,2 miliar dolar AS.

Baca juga: Festival Kampung Indonesia 2019 digelar di Swedia

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019