"Kami sampaikan ke Pak Ma'ruf Amin termasuk juga urutan acara yang akan dilaksanakan besok," ujar Ketua MPR Bambang Soesatyo.
Jakarta (ANTARA) - Para pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menyampaikan susunan urutan acara pelantikan kepada KH Ma'ruf Amin, Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024.

"Kami sampaikan ke Pak Ma'ruf Amin termasuk juga urutan acara yang akan dilaksanakan besok," ujar Ketua MPR Bambang Soesatyo di kediaman KH Ma'ruf Amin, di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa malam.
Baca juga: Pimpinan MPR temui Ma'ruf Amin sampaikan undangan pelantikan

Bambang mengatakan susunan acara yang disampaikan merupakan hasil dari rapat koordinasi yang dilakukan MPR bersama Kepala Polri, Panglima TNI, dan Kepala BIN.

Bambang menuturkan, acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024 akan dibuka oleh dirinya selaku Ketua MPR. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Selanjutnya dilakukan pembacaan hasil keputusan Komisi Pemilihan Umum yang menyatakan bahwa Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai pemenang Pemilihan Presiden 2019.

"Kemudian dilakukan acara pengambilan sumpah oleh Ketua Mahkamah Agung atas presiden dan wakil presiden terpilih, lalu kemudian nanti ada pidato perdana presiden terpilih Republik Indonesia," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo itu pula.
Baca juga: Begini harapan dan pesan Rektor UGM jelang Jokowi-Ma'ruf Amin dilantik

Bamsoet juga akan menyampaikan terkait kesiapan pengamanan terhadap KH Ma'ruf Amin selama proses pelantikan berlangsung.

Sebelumnya, Bamsoet mengatakan pelantikan presiden-wapres yang direncanakan Minggu (20/10) pukul 14.30 WIB dijamin aman dan bisa berjalan secara lancar dan khidmat.

"Menurut penjelasan dari Kepala Polri, Panglima TNI, dan Kepala Badan Intelijen Negara situasi keamanan kondusif, segala kemungkinan bisa diatasi dan diantisipasi," kata Bamsoet saat jumpa pers seusai rapat koordinasi pimpinan MPR dengan Kepala Polri, Panglima TNI, dan Kepala BIN, di Jakarta, Selasa siang.
Baca juga: Bamsoet pastikan seluruh mantan presiden hadiri pelantikan Jokowi

Bambang mengatakan pengamanan Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden terpilih KH Ma'ruf Amin, dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menuju Senayan dan kembali ke Istana sudah dipersiapkan dengan kekuatan penuh.

Begitu juga dengan para tamu negara yang akan hadir dalam pelantikan presiden-wapres, akan mendapatkan pengamanan dan pengawalan sejak dari menginjakkan kaki di Indonesia sampai dengan meninggalkan Indonesia.

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019