Pemerintah akan resmikan Palapa Ring, besok

id Rudiantara,Menkominfo,Palapa Ring

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara ditemui usai temu media "Kick Off Piala Presiden Esport 2020" di Jakarta, Minggu (13/10/2019). (ANTARA/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memastikan peresmian Palapa Ring akan dilakukan pada Senin, 14 Oktober 2019.

"Saya dapat undangan untuk peresmian peluncuran Palapa Ring, karena kan yang Timur, Agustus kemarin sudah selesai," ujar Rudiantara ditemui usai temu media "Kick Off Piala Presiden Esport 2020" di Jakarta, Minggu.

Menurut Rudiantara, acara undangan Menteri Sekretariat Negara itu akan digelar di Istana Negara pukul 10.00 WIB. Dalam acara tersebut, telekonferensi akan dilakukan untuk menjajal jaringan.

"Rencananya ada (conference) dari berbagai tempat, dari barat, dari timur, dari tengah," katanya.

Baca juga: Selesai diintegrasikan, Palapa Ring tunggu proses komersialisasi

Pembangunan Palapa Ring Timur telah selesai pada Agustus 2019. Saat ini, menurut Rudiantara, terdapat 18 perusahaan yang telah mengajukan permintaan uji coba.

Rudiantara mengatakan dua dari 18 perusahaan tersebut sedang melakukan uji coba jaringan, yakni Telkom dan Primacom.

"Uji coba sampai November, tiga bulan. Palapa Ring itu seperti jalan tol-nya, backbone-nya. Nanti ada yang bangun aksesnya, ya operator-operator. Ada juga penyelenggara jasa Internet," ujar Rudiantara.

Baca juga: Menkominfo pastikan jaringan Palapa Ring sudah beroperasi

Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar