Makassar (ANTARA) - Propam Polda Sulsel memeriksa tiga jurnalis Makassar yang merupakan korban kekerasan saat meliput aksi di depan Kantor DPRD Sulsel pada Selasa (24/9) selama 2,5 jam.

Pemeriksaan ketiga jurnalis masing-masing jurnalis LKBN ANTARA Muh Darwin Fatir, Jurnalis Makassar Today.com Isak Pasabuan dan jurnalis Inikata.com Saiful dilakukan terpisah di ruang Gakkum Propam, Mapolda Sulsel, Senin.

Baca juga: Dewan Pers segera temui Kapolri bahas kekerasan terhadap wartawan

"Ketiga jurnalis tersebut menjelaskan terkait kronologis kekerasan yang mereka alami pada saat peliputan," ujar salah satu tim advokasi hukum, Kadir Wokanubun

Menurut Kadir, untuk korban Darwin Fatir di-BAP sebanyak 18 pertanyaan, M Saiful 20 pertanyaan di BAP, sedangkan isak 18 pertanyaan BAP. Setelah di-BAP masing-masing korban menandatangani berita acara sumpah.

Baca juga: Jurnalis Madiun kecam tindakan represif aparat

Poin-poin pertanyaan dalam BAP seputar kejadian kekerasan yang dialami oleh ketiga jurnalis, oleh oknum kepolisian pada saat peliputan aksi di depan Kantor DPRD Sulsel

Sebelum di-BAP, tim advokasi LBH pers Makassar menyerahkan barang bukti  berupa dua video tindakan kekerasan, tiga lembar baju korban, sembilan lembar hard copy foto (dua foto per lembar), soft copy satu keping DVD, dan riwayat perawatan di RS Awal Bros.

Baca juga: AKAR Jember desak pengusutan kasus kekerasan terhadap jurnalis

Penyerahan barang bukti itu berasal dari tindak kekerasan yang diduga dilakukan oleh sejumlah oknum aparat kepolisian saat unjuk rasa di depan Kantor DPRD Sulsel pada Selasa (24/9).

Pada saat kejadian, ketiga jurnalis yang mendapat kekerasan dari aparat kepolisian saat melakukan tugas liputan aksi penolakan pengesahan UU KPK dan Revisi KUHP, RUU pertanahan, di depan Gedung DPRD Sulsel Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Selasa (24/9).

Baca juga: Polri sebut akan tindak personel lakukan kekerasan kepada jurnalis

Akibat tindakan represif oknum aparat keamanan itu, Darwin mengalami luka pada bagian kepala, serta dada dan perut nyeri karena tendangan sepatu lars. Sementara kedua rekannya luka lebam pada bagian hidung dan wajah.

Baca juga: Wartawan Garut gelar aksi solidaritas mengecam kekerasan saat liputan

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019