Saya tidak berpikir kita akan melihat menggunakan tarif negatif. Saya hanya tidak berpikir itu akan menjadi daftar teratas kami
Washington (ANTARA) - Ketua Federal Reserve (Fed) Jerome Powell mengatakan pada Rabu (18/9/2019) bahwa bank sentral Amerika Serikat (AS) itu tidak akan menggunakan suku bunga negatif sebagai alat untuk merangsang ekonomi di masa depan, mengutip keputusan serupa selama krisis keuangan 2008.

"Suku bunga negatif adalah sesuatu yang kita lihat selama krisis keuangan dan memilih untuk tidak melakukannya," kata Powell kepada wartawan pada konferensi pers setelah mengakhiri pertemuan kebijakan dua hari pada Rabu sore (18/9/2019).

"Setelah kami mencapai batas bawah yang efektif, kami memilih untuk melakukan banyak bimbingan ke depan yang agresif dan juga pembelian aset skala besar dan itu adalah dua alat kebijakan moneter yang tidak konvensional yang kami gunakan secara luas," kata Powell, mencatat bahwa alat seperti itu bekerja "cukup baik."

"Saya tidak berpikir kita akan melihat menggunakan tarif negatif. Saya hanya tidak berpikir itu akan menjadi daftar teratas kami," kata Jerome Powell.

Namun, pernyataan Powell kontras dengan beberapa bankir sentral lainnya seperti Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi, yang telah menggambarkan langkah-langkah pelonggaran ECB baru-baru ini, termasuk suku bunga negatif, sebagai "kuat" tidak hanya dalam jangka pendek tetapi juga dalam jangka panjang.

Presiden Bank Dunia David Malpass pada Selasa (17/9/2019) menyatakan keprihatinannya tentang obligasi berimbal hasil rendah dan "modal beku," mencatat bahwa lebih dari 15 triliun dolar AS obligasi memiliki imbal hasil nol atau negatif. "Implikasinya adalah pertumbuhan, terutama di negara-negara berkembang, akan tetap rendah, karena persediaan modal saat ini memburuk dan habis," kata Malpass.

The Fed AS pada Rabu (18/9/2019) menurunkan suku bunga sebesar 25 basis poin di tengah meningkatnya risiko dan ketidakpastian yang berasal dari ketegangan perdagangan dan perlambatan ekonomi global, menyusul penurunan suku bunga pada Juli yang merupakan yang pertama dalam lebih dari satu dekade. Demikian laporan yang dikutip dari Xinhua.

Baca juga: Harga emas naik 3 hari beruntun, hanya turun tipis pascakeputusan Fed

Baca juga: Federal Reserve AS pangkas suku bunga untuk kedua kali tahun ini


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019