Data AS yang lebih baik menambah momentum pada reli yang dipicu oleh peningkatan hubungan perdagangan, langkah perdamaian di Hong Kong, ...
Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia menguat pada pembukaan perdagangan Jumat pagi, dengan saham-saham teknologi memimpin kenaikan dan sebagian besar sektor cenderung lebih tinggi.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 25,80 poin atau 0,39 persen menjadi diperdagangkan pada 6.639,00 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 28 poin atau 0,42 persen pada 6.748,80 poin.

"Data AS yang lebih baik menambah momentum pada reli yang dipicu oleh peningkatan hubungan perdagangan, langkah perdamaian di Hong Kong, dan kemungkinan penangguhan Brexit tanpa kesepakatan," kata kepala strategi pasar CMC Markets, Michael McCarthy.

"Tembaga dan minyak terus reli, dan emas merosot karena kekhawatiran investor mereda."

Secara lokal, sektor teknologi sejauh ini merupakan yang berkinerja terbaik, melonjak lebih dari 2,5 persen, sementara secara keseluruhan ada kenaikan yang solid namun lebih lemah -- dengan pengecualian utilitas yang turun.

Baca juga: Pemimpin Hong Kong rencanakan temu media setelah cabut RUU ekstradisi

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia menguat dengan Commonwealth Bank naik 0,47 persen, ANZ naik 0,74 persen, National Australia Bank naik 0,55 persen dan Westpac Bank naik 0,46 persen.

Saham-saham pertambangan sebagian besar lebih tinggi dengan BHP naik 1,11 persen, Rio Tinto naik 1,20 persen, dan Fortescue Metals meningkat 3,39 persen, namun penambang emas Newcrest jatuh 3,05 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas terangkat dengan Oil Search naik 0,71 persen, Santos naik 0,89 persen, dan Woodside Petroleum naik 0,10 persen.

Supermarket terbesar Australia meningkat dengan Coles naik 0,24 persen dan Woolworths naik 0,51 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra tidak berubah, maskapai penerbangan nasional Qantas naik 1,65 persen dan perusahaan biomedis CSL menguat 0,60 persen.
Baca juga: Pasar saham Australia berakhir melonjak dengan keuntungan meluas

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019