Jakarta (ANTARA) - PT PP (Persero) Tbk (“PTPP”) salah satu perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia bersama 4 BUMN lainnya yakni PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero), PT Bahana (Persero), PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero), dan PT Primissima (Persero) turut berpartisipasi dalam acara perayaan 74 tahun Republik Indonesia Merdeka di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Acara puncak perayaan ini merupakan bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri yang digagas oleh Kementerian BUMN sejak tahun 2015.

Siaran pers PT PP yang diterima di Jakarta, Sabtu, menyebutkan perayaan Hari Kemerdekaan dilaksanakan pada hari ini (17/08) dimulai dengan dilaksanakannya upacara kenaikan bendera di Kantor Proyek Yogyakarta Internasional Airport milik Perseroan di Kulonprogo, DIY dan dihadiri oleh Agus Purbianto Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Perseroan, Mardjiono Direktur Teknik & Infrastruktur PT TWC (Persero), Usmansyah Direktur Utama PT Primissima (Persero), Marciano Herman Direktur Utama PT Bahana (Persero), dan Fajar Wibhiyadi Direktur Utama PT KBI (Persero).

Dalam kesempatan tersebut, Agus Purbianto Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Perseroan bertindak sebagai inspektur upacara. Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74 tersebut diikuti oleh 30 anak-anak Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Pekanbaru dan jajaran manajemen BUMN yang menjadi pelaksana kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri Tahun 2019 di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selepas upacara kenaikan bendera, acara selanjutnya adalah perlombaan yang sarat nuansa nasionalisme dan Pancasila seperti lomba bakiak, balap karung, tarik tambang, makan kerupuk dan mengambil koin dalam semangka. Perseroan bersama BUMN lainnya juga menyerahkan bantuan kepada 10 pejuang veteran di Kantor Proyek Yogyakarta International Airport Kulonprogo.

Keesokan harinya, masih dalam rangkaian perayaan HUT RI ke-74 di Daerah Istimewa Yogyakarta, Perseroan bersama empat BUMN lainnya menggelar kegiatan Jalan Sehat 5KM yang dipusatkan di area Candi Prambanan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 1.500 peserta yang terdiri dari masyarakat sekitar serta keluarga besar BUMN yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Acara perayaan HUT Republik Indonesia ke-74 ini merupakan puncak acara rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri yang telah dilaksanakan oleh PT PP (Persero) Tbk sebagai PIC, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero), PT Bahana (Persero), PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero), dan PT Primissima (Persero) sebagai Co-PIC acara.

Rangkaian acara tersebut antara lain, program Siswa Mengenal Nusantara (SMN), yakni program pertukaran pelajar antar provinsi yang telah berlangsung sejak tahun 2017, untuk menanamkan kepedulian, rasa bangga dan cinta Tanah Air melalui proses pertukaran informasi dan kebudayaan.

Dalam program ini, Perseroan bersama 4 BUMN lainnya mengirimkan 23 siswa berprestasi asal Daerah Istimewa Yogyakarta ke Riau dan sebaliknya menerima 30 (tiga puluh) siswa berprestasi Pekanbaru yang berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Selama 10 hari, 30 siswa tersebut mempelajari aneka adat dan budaya Jawa, diantaranya cara bermain gamelan, mengunjungi situs Ratu Boko dan Museum Dirgantara Yogyakarta.

“Melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri ini, kita ingin semua lapisan masyarakat terutama anak-anak sekolah melihat Indonesia yang sarat budaya, kaya akan suku dan adat istiadat, sehingga timbul rasa toleransi antar sesama dan cinta Tanah Air. Ini yang kami rasa penting ditanamkan untuk generasi muda saat ini,” kata Agus Purbianto.

Baca juga: PT PP tandatangani kerja sama bangun smelter dan Tol Semarang-Demak

Baca juga: Pemasaran Urbantown PP Urban capai 90 persen

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019