Tiga BUMN rayakan HUT Kemerdekaan RI di Padang, ini CSR yang dilakukan

id BUMN untuk negeri,perayaan hut republik indonesia,bumn ,kai,semen padang

Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri menyerahkan bantuan sarana air bersih di Padang, Sabtu (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (ANTARA) - Sejumlah kegiatan yang diselenggarakan BUMN Hadir untuk Negeri turut memeriahkan peringatan HUT RI ke-74 di Padang, Sumatera Barat, pada Sabtu.

Peringatan HUT RI ke-74 BUMN Hadir Untuk Negeri dilaksanakan oleh tiga BUMN, yakni PT Kereta Api Indonesia (KAI), PT Semen Padang, dan PT Perusahaan Pengelola Aset.

Peringatan diawali dengan upacara bendera di Plaza Kantor Pusat Semen Padang dihadiri karyawan dari BUMN yang ada di Padang.

Tampil sebagai pembina upacara pada kesempatan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro serta dihadiri Kepala Bidang Monitoring dan Evaluasi Tanggung Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN Sandra Firmania dan Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri.

Kemudian Direktur Utama PT Perusahaan Pengelola Aset Iman Rachman, Direktur Operasional PT Semen Padang Firdaus, Direktur Keuangan PT Semen Padang Tubagus Muhammad Dharury, jajaran pimpinan BUMN di Sumatera Barat, staf pimpinan Semen Padang, serta pimpinan organisasi/lembaga pemerintah, beserta pimpinan TNI/Polri.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro berpesan kemerdekaan yang ke-74 ini bukan semata-mata merupakan akhir perjuangan rakyat Indonesia, tetapi titik awal untuk memulai kehidupan sebagai negara yang merdeka dan berdaulat serta mewujudkan cita-cita bangsa.

"Seiring dengan memperingati HUT Kemerdekaan RI tahun ini yang bertema SDM Unggul Indonesia Maju, sebagai perusahaan BUMN dan instansi pemerintah harus selalu optimistis untuk meningkatkan potensi diri sehingga menjadi SDM yang unggul," katanya.

Selain itu juga dilaksanakan Siswa Mengenal Nusantara (SMN), lomba balap karung, tarik tambang, balap karung dan lomba makan kerupuk, pasar murah pemenuhan kebutuhan dasar dan pemberian berbagai bantuan CSR, dan jalan sehat.

Usai upacara dilaksanakan penyerahan secara simbolis berbagai bantuan dari program BUMN Hadir Untuk Negeri.

Penyerahan simbolis dilakukan Dirut PT KAI Edi Sukmoro antara lain pengiriman 23 orang siswa dari Sumatera Barat ke Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), menerima pertukaran siswa dari Provinsi Kalimantan Selatan.

Lalu pemberian bantuan pemasangan listrik untuk 50 rumah senilai Rp75 juta, pembangunan prasarana dan sarana mandi cuci kakus rumah tangga dan umum 50 pintu senilai Rp500 juta.

Berikutnya penyerahan simbolis oleh Dirut PT Perusahaan Pengelola Aset Iman Rachman berupa bantuan biaya perbaikan dan peningkatan prasarana dan sarana untuk pondok pesantren/panti asuhan senilai Rp250 juta. Bantuan kepada 1.000 anak yatim di beberapa kabupaten/kota di wilayah Sumbar senilai Rp200 juta.

Penjualan sembako murah sebanyak 4.000 paket senilai Rp423.500.000 dengan perincian seharga Rp125 ribu dijual dengan harga Rp10.000 dan hasil penjualan pasar murah diserahkan untuk bantuan masjid.

Lalu penyerahan simbolis oleh Dirut PT Semen Padang Yosviandri berupa bantuan beasiswa pendidikan kepada 40 orang dengan nilai total Rp50.500.000. Penyerahan 1.000 Al Quran kepada tiga pondok pesantren/panti sosial anak asuh senilai Rp60 juta.

Bantuan perbaikan rumah sebanyak 10 rumah masyarakat yang tidak layak huni senilai Rp300.749.000. Bantuan penyediaan sarana air bersih di dua titik, Kelurahan Padang Besi dan Kelurahan Limau Manih Selatan senilai total Rp70 juta. Bantuan satu unit trailer perahu karet untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Padang senilai Rp25 juta.

Baca juga: 4 BUMN donasi Rp2,35 miliar di Lombok, bedah rumah hingga beasiswa

 

Pewarta : Ikhwan Wahyudi
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar