Kami berharap dengan adanya fasilitas MCK, sanitasi dan air bersih yang layak, masyarakat setempat dapat meningkatkan kebiasaan pola hidup bersih dan sehat
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar kegiatan bakti sosial berupa penyerahan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada sejumlah warga DKI Jakarta saat upacara dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74.

Penyerahan CSR tersebut masuk dalam rangkaian acara BUMN Hadir Untuk Negeri (BUHN) dengan panitia dari enam BUMN yaitu PT Pupuk Indonesia, PT Indra Karya, PT Petrokimia Gresik, Perum PPD, Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), dan PT Virama Karya.

“BUHN itu memang satu program yang bergulir terus sejak zaman pemerintahan Pak Jokowi dan Menteri Rini. Tahun ini bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan,” kata Deputi Bidang Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah saat ditemui di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Sabtu.

Bantuan CSR tersebut berupa pembangunan Panti Asuhan Yayasan Yatim Al-Abror Palmerah, Jakarta Barat dan renovasi Mushola Baiturrahman Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Selain itu, CSR juga diberikan kepada warga yang berada di empat lokasi di Kelurahan Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, berupa pembangunan MCK, sanitasi, dan penyediaan air bersih.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Aas Asikin Idat selaku PIC BHUN Wilayah DKI Jakarta, menjelaskan, upacara kemerdekaan merupakan kegiatan rutin tahunan sebagai bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri. 

“Tak hanya itu, pada kali ini, rangkaian kegiatan BHUN yang digelar antara lain Siswa Mengenal Nusantara, Peringatan HUT RI serta Jalan Sehat. Kegiatan jalan sehat digelar 18 Agustus lengkap dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis, ragam perlombaan dan permainan tradisional, pameran produk UMKM binaan BUMN, kuliner, pagelaran busana bahan limbah hingga kampanye Diet Plastik,” kata Aas.

Menurutnya, CSR dilakukan sebagai bentuk pengabdian dan aksi nyata BUMN kepada masyarakat Indonesia dalam rangka membangun kesejahteraan dan juga berperan dalam pemerataan hasil pembangunan bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Supaya kehadiran BUMN itu juga bisa dirasakan oleh masyarakat banyak jadi keuntungan tidak hanya dinikmati oleh BUMN karena kita milik negara jadi saya kira CSR ini dikembalikan juga kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain kegiatan penyerahan CSR, Kementerian BUMN bersama enam perusahaan juga akan menggelar kegiatan lainnya pada Minggu (18/8), seperti jalan sehat yang diikuti oleh sekitar 4.500 orang, pemeriksaan kesehatan gratis, ragam perlombaan dan permainan tradisional, pameran produk UMKM binaan BUMN, kuliner gratis, pagelaran busana bahan limbah, serta kampanye diet plastik.

“Semua acara kita pusatkan di Gedung Kementerian BUMN, jalan sehat dimulai pukul 05.00 WIB,” kata Aas.

Sebelumnya, berdasarkan pantauan Antara, upacara yang dilakukan oleh Kementerian BUMN tersebut dimulai sekitar pukul 07.30 WIB dan dipimpin oleh Deputi Bidang Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Edwin Hidayat Abdullah, serta diikuti oleh sekitar 1.500 peserta.

Baca juga: Arcandra pimpin upacara Kemerdekaan RI di blok minyak terbesar

Baca juga: Rayakan HUT RI, KAI Daop 1 gratiskan tiket lima kereta lokal


 

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019