Pelajar asal Soppeng dan Luwuk Timur sebut SMN luar biasa

id Pelajar asal Soppeng dan Luwuk Timur sebut SMN luar biasa,Papua, SMN 2019

Kurnia Taqwa (kiri) dan Reyhan Pratama merupakan dua dari 27 peserta SMN 2019 asal Sulsel yang sedang berada di Kota Jayapura, Papua, Jumat (16/8/2019). (ANTARA/Alfian Rumagit)

Jayapura (ANTARA) - Pelajar asal Soppeng dan Luwuk Timur, Provinsi Sulawesi Selatan, menyebutkan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 sangat luar biasa.

Demikian ungkapan itu disampaikan oleh kedua pelajar itu usai mengunjungi beberapa lokasi di Kota Jayapura, Papua, pada Jumat pagi hingga sore.

"Luar biasa," kata Kurnia Taqwa, siswa dari SMAN 1 Soppeng, Kabupaten Soppeng, Provinsi Sulawesi Selatan yang merupakan salah satu peserta SMN 2019.

Dengan program SMN 2019 yang merupakan rangkaian dari BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN), kata dia, telah memberikan gambaran dan wawasan nusantara kepada para pelajar.

Baca juga: SMN NTT saksikan praktik perawatan kecantikan pelajar SMKN 4 Jambi

"Sangat bagus dan kami senang ikuti program ini," kata Kurnia.

Senada itu, Reyhan Pratama dari SMAN 1 Luwuk Timur, Kabupaten Luwuk Timur mengatakan program SMN 2019 yang mengunjungi Kota Jayapura dan sekitarnya telah memberikan kesempatan bagi pelajar yang kurang mampu tapi berprestasi untuk melihat keindahan dan keanekaragaman nusantara.

"Lewat program SMN ini, sangat bagus bagi pelajar atau generasi milenial karena ditempat saya itu, seleksi cukup ketat karena harus menyertakan sejumlah persyaratan, salah satunya surat keterangan tidak mampu dari kepala desa," katanya.

Baca juga: Denhanud 474 Paskhas kenalkan alutsista TNI AU kepada SMN Riau

"Jadi, menurut saya kegiatan BHUN ini sangat bagus, karena orang-orang yang tidak mampu keluar kota karena terkendala biaya, bisa melihat pemandangan nusantara yang ada di Indoensia, itu bisa melihat langsung dengan adanya program ini," katanya lagi.

Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan momentum pertukaran pelajar antarprovinsi yang difasilitasi oleh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sebagai bagian dari rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN).

Baca juga: Siswa Mengenal Nusantara asal Sulteng diberikan wawasan kebangsaan

Tahun ini di Provinsi Papua, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai BUMN PIC (koordinator) program SMN.

Siswa-siswi peserta SMN dari Papua dikirim ke Makassar, Sulawesi Selatan, dan peserta SMN Sulawesi Selatan ke Jayapura, Provinsi Papua. Kegiatan SMN 2019 akan berlangsung hingga 23 Agustus mendatang.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar