Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins menyampaikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, melalui video yang diterima di Jakarta, Jumat.

"Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-74, SDM unggul Indonesia maju," ujar Jenkins mengutip slogan perayaan HUT RI ke-74.

Dalam video berdurasi 37 detik tersebut Jenkins juga menyebut Inggris merasa bangga menjadi bagian dari pembangunan Indonesia selama ini.

Indonesia dan Inggris memperingati 70 tahun hubungan diplomatik pada 2019 yang dirayakan dengan berbagai agenda sepanjang tahun.

Dubes Inggris yang baru menyerahkan surat kepercayaan Ratu Elizabeth II kepada Presiden Joko Widodo pada 7 Agustus lalu, juga mengapresiasi pesatnya pembangunan Indonesia.

"Pesatnya laju pembangunan infrastruktur ekonomi dan sumber daya manusia adalah jembatan emas menuju Indonesia yang adil dan makmur," kata dia.

Rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-74 diawali dengan Sidang Tahunan MPR RI, Pidato Kenegaraan dan Pidato Pengantar Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2019/2020 di Gedung MPR/DPR RI Jakarta pada Jumat, 16 Agustus 2019.

Baca juga: Inggris tegaskan dukungan terhadap integritas Indonesia

Baca juga: Inggris targetkan 63 pelajar Indonesia terima beasiswa Chevening

Baca juga: Presiden Jokowi ingin tingkatkan kerja sama dengan Inggris

 

Pewarta: Azizah Fitriyanti
Editor: Maria D Andriana
Copyright © ANTARA 2019