Jakarta (ANTARA) - Toyota Astra Motor menggelar kompetisi pemrograman "Fun/Code" sebagai wadah berkreasi generasi milenial Indonesia untuk menciptakan solusi terhadap masalah dalam dunia otomotif.

"Kompetensi di bidang IT (teknologi informasi) merupakan salah satu kunci utama untuk salah satunya merebut peluang bisnis di era industri 4.0," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, di Jakarta, Kamis.

Toyota "Fun/Code" akan menantang peserta unjuk kemampuan membangun atau menciptakan aplikasi yang memberi nilai tambah bagi pelaku industri otomotif dan pelanggan.

Peserta kompetisi dapat memilih salah satu sub tema aplikasi digital yakni Eco Driving, Education, Ownership Experience, Value Chain and Trade-in, serta Disability.

Melalui tema Eco Driving, Toyota mengharapkan peserta dapat mengembangkan aplikasi atau inovasi yang dapat meningkatkan kemampuan mengemudi agar lebih efektif, efisien, dan ekonomis.

"Aplikasi ini akan berdampak positif terhadap penurunan emisi C02 atau environmental sustainability," katanya

Untuk tema Education, peserta akan berkompetisi membuat aplikasi safety driving atau safety driving gamification agar pengalaman mengemudi menjadi lebih aman dan menyenangkan.

Kemudian, peserta yang memilih tema "Ownership Experience" akan membangun aplikasi untuk meningkatkan pengalaman penggunaan kendaraan sehari-hari agar lebih mudah, aman, dan nyaman.

Tema Value Chain & Trade-in akan mengarahkan peserta untuk membuat aplikasi yang mendukung sistem integrasi pelayanan mulai dari saat konsumen memilih, memiliki kendaraan, hingga menjual atau menukar kendaraannya, termasuk soal pembiayaan dan asuransi.

Dan, tema terakhir Disability, Toyota menginginkan peserta membuat aplikasi atau website yang memudahkan mobilitas penyandang disabilitas seperti saat parkir atau mengakses tempat-tempat tertentu, semisal toilet.

"Tema ini menjadi salah satu bagian terpenting karena merupakan wujud semangat Toyota untuk selalu menyediakan kendaraan terbaik bagi semua, termasuk kalangan difabel," ujarnya.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui https://toyotafuncode.id/register, dan akan ditutup pada 3 Oktober. Pengumuman peserta terpilih akan dilakukan pada 3 November 2019.

Baca juga: Asisten Virtual Toyota dapat diakses lewat Whatsapp
 
Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019