Kami sangat berharap acara pelantikan bupati-wakil bupati terpilih bisa dilakukan di Timika, bukan di Jayapura
Timika (ANTARA) - Warga Kabupaten Mimika, Provinsi Papua mengharapkan kegiatan pelantikan bupati-wakil bupati terpilih yaitu pasangan Eltinus Omaleng-Johannes Rettob digelar di Timika pada 6 September 2019.

"Kami sangat berharap acara pelantikan bupati-wakil bupati terpilih bisa dilakukan di Timika, bukan di Jayapura agar seluruh masyarakat Mimika bisa menyaksikan secara langsung. Kalau pelantikannya dilakukan di Jayapura sudah pasti sebagian besar warga Mimika tidak bisa berangkat ke Jayapura karena tiket penerbangan mahal, belum lagi akomodasi selama berada di Jayapura harus mereka tanggung," kata Anthonius, warga Suku Amungme di Timika, Kamis.

Harapan serupa dikemukakan Stefanus, warga asal Nusa Tenggara Timur yang sudah belasan tahun bermukim di Timika.

Stefanus mengatakan momentum pelantikan bupati-wakil bupati Mimika terpilih yaitu pasangan Eltinus Omaleng-Johannes Rettob penting untuk dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat Mimika sebagai tonggak awal dalam kebersamaan untuk membangun 'Negeri Amungsa, Tanah Kamoro' itu.

Baca juga: DPRD Mimika tindaklanjuti pelantikan bupati-wabup terpilih

"Dari sisi biaya tentu lebih murah jika rombongan Bapak Gubernur Papua Lukas Enembe bersama pejabat Pemprov Papua yang datang ke Timika daripada seluruh warga Mimika harus berangkat ke Jayapura untuk ikut menyaksikan pelantikan bupati-wakil bupati terpilih. Kalau Bapak Gubernur yang datang ke Timika, tentu sekaligus beliau mau mengunjungi rakyatnya di Mimika," kata Stefanus.

Pejabat Sementara Sekretaris Daerah Mimika Marthen Paiding mengatakan pelantikan bupati-wakil bupati Mimika terpilih apakah digelar di Jayapura atau Timika, sepenuhnya merupakan kewenangan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Meski demikian, katanya, Pemkab dan DPRD Mimika telah meminta secara resmi ke Pemprov Papua agar kegiatan tersebut bisa dilakukan di Timika.

Pemkab Mimika, katanya, telah menyiapkan anggaran untuk kegiatan dimaksud.

Baca juga: Ribuan warga Biak pertanyakan penundaan pelantikan bupati terpilih

"Kami berharap secepatnya Pemprov Papua memberikan kepastian kepada kami di Mimika soal tempat pelantikan bupati-wakil bupati terpilih karena waktunya sudah semakin dekat," kata Marthen.

Pasangan Eltinus Omaleng-Johannes Rettob dengan jargon 'OMTOB' terpilih sebagai Bupati-Wabup Mimika periode 2019-2024 setelah memenangkan ajang pilkada pada Juni 2018.

Eltinus Omaleng merupakan petahana Bupati Mimika hingga saat ini.

Putra asli Suku Amungme kelahiran Kampung Waa Banti Tembagapura itu terpilih pertama kali sebagai Bupati Mimika pada 2014 berpasangan dengan Yohanis Bassang dan dilantik pada 6 September 2014.

Adapun Wabup Mimika terpilih, Johannes Rettob sebelumnya menjabat Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Mimika.

Baca juga: Bupati Biak sebut penetapan caleg terpilih tunggu KPU

Johannes lahir dan besar di sebuah kampung kecil di pesisir barat Mimika yaitu Ipaya, dekat Kokonao pada 1962.

Orang tuanya merupakan guru perintis berasal dari Langgur, Kei, Maluku Tenggara dan sudah bertugas di wilayah pesisir Mimika (Suku Kamoro) sejak 1939.



 

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019