Tentu, saja kami siapkan, avtur sedang rancang bagaimana melakukan itu. Pemerintah sudah berbicara dengan Angkasa Pura
Batam (ANTARA) - Pemerintah sedang mengatur strategi untuk menekan harga tiket pesawat agar tidak terlalu tinggi sehingga masyarakat mampu membeli dengan harga yang proporsional.

"Pemerintah sedang merancangnya," kata kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution  usai meresmikan MRO yang dikelola Lion Air Group dan Garuda Indonesia di Batam, Kepulauan Riau, Rabu..

Menteri memastikan strategi yang akan diterapkan bersifat berkelanjutan, tidak hanya sementara.

Baca juga: Pemerintah cari solusi permanen skema tarif industri penerbangan

Ia mengatakan, dari seluruh komponen biaya industri penerbangan, 60 persennya adalah operasional, dan 50 persen dari operasional adalah belanja bahan bakar.

Karenanya pemerintah berupaya untuk mengefisiensikan belanja bakan bakar.

"Tentu, saja kami siapkan, avtur sedang rancang bagaimana melakukan itu. Pemerintah sudah berbicara dengan Angkasa Pura," kata dia.

Solusi jangka panjang untuk bahan bakar adalah dengan mengupayakan green avtur yang terbuat dari CPO, sehingga harganya bisa relatif lebih murah.

Kemudian, dari sisi biaya perbaikan dan perawatan pesawat, kini sudah berdiri Maintanance, Repair and Overhaul (MRO) yang dipercaya dapat menghemat pengeluaran perusahaan maskapai.

Lalu dari sisi pengeluaran onderdil pesawat, pemerintah juga akan mengaturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama GMF AeroAsia, Tazar Marta Kurniawan mengatakan keberadaan MRO mampu menghemat devisa hingga 750 juta dolar AS dari pengeluaran pihaknya dari biaya perawatan dan perbaikan pesawat.

Senada dengan Garuda, Direktur Batam Aero Technic Lion Air Group I Nyoman Rai Pering mengatakan keberadaan MRO di Batam mampu menekan pengeluaran hingga jutaan dolar AS.

Dengan adanya penghematan pengeluaran, maka harga tiket pesawat ke depannya dapat ditekan.

"Perawatan pesawat murah kami menjual tiket lebih murah sehingga makin banyak yang terbang. Perusahaan penerbangan makin tumbuh menyambung pulau-pulau. Indonesia menjadi tuan rumah untuk meraih pasar regional," kata dia.

Baca juga: MRO pesawat di Batam akan hemat devisa jutaan dolar AS
Baca juga: Darmin sebut avtur dari CPO dapat digunakan 2021

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019