Damkar Lampung Selatan padamkan dua titik lokasi kebakaran

id Lampung Selatan ,Damkarmat,Kebakaran lahan

Damkar Lampung Selatan padamkan dua titik lokasi kebakaran

Suasana di lokasi kebakaran lahan di Lampung Selatan. (ANTARA/Riadi Gunawan)

Lampung Selatan (ANTARA) - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, memadamkan dua titik lokasi kebakaran lahan di wilayah tersebut pada Minggu.

Kepala Bidang Damkar Dinas Damkarmat Lampung Selatan Rully Fikriansyah, di Kalianda, Minggu, membenarkan pihaknya telah memadamkan api di dua titik lokasi kebakaran.

"Hari ini tim Damkar Lampung Selatan telah berhasil memadamkan api di Desa Sumur, Kecamatan Bakauheni dan Desa Candimas, Kecamatan Natar," kata dia.

Ia mengatakan, pihaknya sempat kesulitan mengatasi kebakaran lahan tersebut, karena kondisi di lokasi kejadian terdapat angin kencang serta rumput yang sudah kering mengakibatkan mudah terbakar.

"Kebakaran di Desa Candimas, Kecamatan Natar terjadi pada pukul 09.30 WIB, dan di Desa Sumur, Kecamatan Bakauheni pada pukul 13.30 WIB," katanya.

Hingga berita ini dibuat, belum ada penjelasan berapa luas lahan yang mengalami kebakaran tersebut.

Atas kejadian tersebut, Rully mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) selama kemarau di wilayah tersebut.

Ia mengatakan kesadaran masyarakat sangat penting untuk meningkatkan kewaspadaan dalam membuka lahan pertanian. Pihaknya juga mengimbau warga yang melintas di jalan yang berpotensi kebakaran, agar tidak membuang puntung rokok karena dapat memicu terjadinya kebakaran.

"Kami mengimbau warga agar lebih berhati-hati dalam menggunakan api, jangan membuang sisa atau puntung rokok di pinggir jalan karena dapat menyebabkan kebakaran," katanya.