UMKM Lampung jajaki ekspor produk pangan ke ASEAN

id ojk lampung, ekspor umkm, eksportir pemula

UMKM Lampung jajaki ekspor produk pangan ke ASEAN

Gubernur Lampung Arinal Djùnaidi saat mengenalkan produk UMKM (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Lampung mencoba menjajaki ekspor produk pertanian dan olahan makanan ke sejumlah negara di ASEAN.

"Mereka para pelaku usaha eksportir pemula menggandeng Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) guna dikenalkan dengan link market atau buyer dari luar negeri agar produknya bisa di ekspor," kata Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Lampung, Bambang Hermanto, di Bandarlampung, Kamis.

Sebelumnya para pelaku eksportir pemula ini, lanjutnya, diberikan pelatihan terkait program produk UMKM berwawasan ekspor bersama OJK, Dinas Perdagangan Lampung dan LPEI, sejak tahun 2022.

Tujuannya agar para pelaku UMKM tersebut terbuka wawasannya agar produksinya berkualitas dan berorientasi ekspor.

"Kami memberikan pelatihan kapasitas building serta mengenalkan link market atau buyer di luar negeri terutama kawasan Asean dan Timur Tengah," kata dia.

Program tersebut lanjutnya, belum selesai dan akan dilanjutkan pada tahun ini.

"Pelaku eksportir pemula ini akan terus kita pantau sejauh mana mereka menerapkan ilmu, pembiayaan ekspor-impornya sehingga nantinya akan mendapatkan kredit ekspor yang lebih besar," jelas Bambang.

Bambang menambahkan beberapa pelaku eskporter pemula ini sudah ada mendapatkan market di luar negeri khususnua di negara ASEAN dan Timur Tengah.

"Mudah mudahan ekspor pemula ini nantinya terhubung dengan buyer besar. Sehingga produk mereka tak hanya menembus pasar ASEAN tapi juga sejumlah negara di Timur Tengah," tambah Bambang.

Pemprov Lampung terus berupaya memajukan UMKM di bidang pangan. Berdasarkan data perkembangan sektor koperasi dan UKM, jumlah UMKM di provinsi tersebut tercatat mencapai 192.234 unit, yang terdiri dari usaha mikro 182.655 unit, usaha kecil sebanyak 9.303 unit, dan usaha menengah sebanyak 276 unit.